Lepas Pasukan ke Papua, Ini Pesan Kapolda Riau

 Kapolda dialog dengan anggota yang diberangkatkan ke Papua


PEKANBARU-Kapolda Irjen Agung Setia Imam Effendi melepas keberangkatan 100 anggota pasukan berkemampuan khusus dari Kesatuan Brigade Mobil (Brimob) Polda Riau, Sabtu (25/9/2021). 


Satu kompi prajurit Satbrimobda dilepas keberangkatannya melalui terminal Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Pekanbaru. 

Sebanyak 100 personel beserta kelengkapan peralatan pendukungnya tersebut diberangkatkan untuk membantu meningkatkan keamanan dan kondusivitas di daerah Timika Papua. Mereka nantinya bergabung dengan personel lainnya yang bertugas dalam satgas pengamanan.

Agung didampingi wakilnya Brigjen Tabana Bangun memimpin apel pelepasan tersebut di halaman terminal cargo Bandara SSK II Pekanbaru. Hadir pula para pejabat utama dari jajaran Polda Riau serta keluarga dari para personel tersebut.

"Kita memberangkatkan satu kompi personel Brigade Mobil ke Timika, untuk melaksanakan penugasan di daerah rawan yang di BKO (Bawah Komando Operasi) ke Polda Papua. Tugasnya untuk meningkatkan keamanan wilayah, khususnya di Timika. Di sana, mereka akan bergabung dengan satgas lainnya," ungkap Irjen Agung Setya Imam Effendi.

Ia meyakinkan, 100 personel yang dikirim ke Papua sudah disiapkan dengan sangat baik, dari segi taktikal, kemampuan dan hal pendukung tugas lainnya. “Serta dengan perbekalan yang memadai juga. Prajurit kita juga berpengalaman dengan berbagai macam penugasan dan kita harap bisa menyelesaikan tugas ini, demi menjaga kedaulatan dan kesatuan NKRI," tegasnya.

Kapolda memberikan arahan khusus kepada 100 personelnya itu. Irjen Agung menekankan agar mereka selalu waspada serta menyiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin dalam menghadapi potensi ancaman.

"Ini penugasan yang tidak mudah, saya minta agar selalu waspada, menyiapkan segala sesuatunya agar apapun ancaman dan rintangan bisa dihadapi. Ini penugasan dengan pola baru dan modern, dan anggota sudah dilengkapi kemampuan mengatasi segala hal di Timika," pungkas Irjen Agung didampingi Kabid Humas.

Usai apel digelar, Kapolda Riau juga menyempatkan diri menghampiri satu persatu personelnya ini, yang kebetulan tengah berinteraksi dengan keluarga mereka yang turut hadir dalam pelepasan. Irjen Agung memberikan support moril bagi keluarga yang ditinggalkan. Suasana haru pun pecah seketika itu.

Irien Agung menyampaikan kepada keluarga yang ditinggalkan agar tak sungkan berkomunikasi dengan kesatuan (Satbrimobda) apabila mengalami kendala apapun. Hal ini pun menjadi perhatian sepenuhnya Polda Riau. (ES)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama