Makan di Papua Disebut Mahal, Ini Faktanya

 Sebuah rumah makan padang di Papua Barat


MANOKWARI-Semua mata sekarang tertuju ke Papua. Empat daerah di provinsi itu jadi tempat penyelenggaraan PON. Bagi akan yang ke sana, pasti bertanya-tanya tentang biaya makan di sana. Ada kekhawatiran tentang biaya makan yang mahal.

Soal biaya makan di Papua, fakta ini bisa dijadikan pedoman. Bila ke berkunjung ke Papua Barat, jangan lupa mampir di Rumah Makan Padang 717. Rumah makan itu ada di Manokwari. Memang, Manokwari yang terletak di Papua Barat tak masuk jadi tempat penyelenggaraan PON.

Tapi, setidaknya, rumah makan ini bisa jadi bahan perbandingan tentang harga. Bila menyebut Papua, masyarakat provinsi lain sudah membayangkan tentang makan yang mahal di sana. Papua dianggap daerah dengan biaya hidup mahal, lantaran provinsi itu kaya dengan hasil bumi berupa tambang.

Ternyata, biaya makan di sana, standar-standar saja. Tak terlalu mahal. Di rumah makan 717, misalnya, sekali makan bisa dengan Rp30 ribu saja. Berbanding terbalik dengan bayangan banyak orang, yang memperkirakan makan nasi padang bisa ratusan ribu untuk sekali makan.

Rumah makan padang 717 terletak di Jalan Trikora Arfai Logpon, Manokwari, Papua Barat. Rumah makan itu persis sebelum pertigaan lampu merah menuju Kantor Gubernur Papua Barat.

Rumah makan itu menjadi salah satu rumah makan padang paling laris di Manokwari yang sudah memiliki pelanggan dari berbagai generasi. Salah satu menu favorit di tempat ini adalah ayam goreng.

Ayam yang disajikan di sana terkenal punya tekstur lunak dan renyah sampai ke bagian tulang. Tak heran ayam goreng milik di rumah makan itu selalu diburu. 

Selain ayam goreng, tentu masih ada berbagai macam lauk khas Minang lainnya, ada rendang, pula ayam bakar, ayam pop, nasi goreng, mie goreng, soto, sate padang, martabak telur,dan sambalado ikan teri yang gak kalah nikmat. "Bahkan, ada harga lauk yang cuma Rp8.000 sepotong," kata Rizal, warga Manokwari yang sering makan di sana.

"Antara Papua dan Papua Barat tak berbeda harga makan di rumah makan padang," kata Rizal.

Dia menambahkan, jangan khawatirkan soal biaya makan. "Tak akan terlalu mahal," katanya. (farid)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama