Nagari Kampuang Galapuang Ulakan Susun RKP 2022

 Pertemuan membahas rencana pembangunan nagari


PADANG PARIAMAN-Pembangunan yang dilakukan di desa, nagari atau kelurahan merupakan upaya peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan melalui pemanfaatan sumber daya yang dimiliki secara berkelanjutan. 

Agar tercapai efektivitas dan efisiensi dalam pemanfaatan sumber daya yang relatif terbatas, diperlukan perencanaan yang baik dan sistematis melalui tahapan perencanaan pembangunan jangka menengah maupun perencanaan tahunan di desa atau nagari. 

Pemerintah Nagari Kampuang Gelapuang Ulakan mengadakan pertemuan dengan tim verifikasi dalam pelaksanaan tahapan dan penyusunan rencana kerja pemerintah (RKP) Nagari 2022 di kantor Wali Nagari Kampuang Gelapuang Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakih, Jumat (10/9/2021).

Hadir dalam pertemuan itu, Wali Nagari Ali Waldana, Kasi Trantib Kecamatan Anesa Satria, yanh juga ketua tim verifikasi, pendamping lokal desa Riki Susanto, Babhinkamtibmas Bripka Noviandi, Sekretaris Nagari Sasta Kastari, Ketua Bamus Nagari dan anggota tim verifikasi serta para wali korong.

Wali Nagari Ali Waldana mengatakan, pemerintah nagari berharap kepada tim verifikasi, dapat melakukan penilaian terhadap proposal yang diusulkan. Apakah memang kebutuhan dan dari usulan masyarakat, sebagai bentuk keterlibatan masyarakat  dalam mengusulkan pembangunan nagari. "Yang terlebih dahulu diusulkan melalui musyawarah korong dan dilanjutkan dengan musyawarah perencanaan pembangunan nagari," kata dia.

Dia berharap pada tim verifikasi untuk menciptakan pembangunan partisipatif. Dalam melakukan verifikasi sesuai dengan proses dan tahapan, yang tentunya berdasarkan peraturan yang belaku. 

Tim verifikasi Nagari Kampuang Gelapuang Ulakan 2022 berjumlah tujuh orang yang berasal dari tokoh masyarakat, pendamping lokal desa dan aparatur pemerintah kecamatan. Pembentukan tim verifikasi berdasarkan Keputusan Wali Nagari Kampuang Gelapuang Ulakan yang terdiri dari Anesa Satria (ketua) dengan anggota Riki Susanto, Nandar, Syamsuar, Martini, Syahrial dan Zarmawi.

Tujuan dari pertemuan itu, memberikan masukan kepada tim verifikasi Nagari Kampuang Gelapuang Ulakan dalam menetapkan prioritas penggunaan anggaran dan melakukan verifikasi proposal usulan korong untuk selanjutnya disusun dalam RKP 2022. (AS/aa)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama