Pelaku UKM Tanah Datar Dilatih Digitalisasi Ekonomi

 Peserta pelatihan foto bersama


BATUSANGKAR-Bupati Tanah  Datar Eka Putra berharap melalui pelatihan program digital entrepreneurship academy (DEA) yang digagas Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo  Medan dapat mendukung percepatan program unggulan (progul) Tanah Datar, membuka 1.000 lapangan kerja dan wirausahawan.

Hal itu disampaikan Bupati Eka Putra saat membuka acara yang diperuntukkan bagi 100 UMKM di Tanah Datar yang berlangsung 23-24 September di Aula Hotel Emersia and Resort, Batusangkar, Kamis (23/9/2021).

”Melalui penyelenggaraan DEA kita harapkan terwujud angkatan kerja yang mampu mengisi lapangan kerja yang tersedia, karena kedepan Tanah Datar akan terus mengalami kemajuan sejalan dengan misi kedua, tertuang di RPJMD 2021-2026, meningkatkan ekonomi masyarakat dan perluasan lapangan kerja yang berbasis pertanian dan UMKM dengan progulnya menciptakan usahawan baru dan lapangan pekerjaan,” ujar Eka yang dikutip dari siaran pers Bagian Humas.

Tak hanya itu, Eka juga harapkan UMKM yang ada di wilayah Tanah Datar  memanfaatkan digitalisasi dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan mutu dari produk yang dihasilkan serta perluasan jangkauan dan wilayah pemasaran, sehingga mampu menghadapi ketatnya persaingan, seiring dengan diberlakukannya pasar bebas ASEAN. 

“Kepada BBPSDMP Kominfo Medan, kita berharap agar program ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan kalau bisa diperluas lagi ke sektor lainnya. Mudah-mudahan apa yang telah dilakukan ini, dapat menginspirasi pihak lainnya untuk melakukan hal serupa,” harap bupati.

Bupati Eka tambahkan, akan melakukan penguatan usaha mikro, kecil dan menengah diantaranya dengan memberi dukungan fasilitas pembiayaan yang berasal dari perbankan berupa alokasi anggaran pemberian jaminan kredit dalam bentuk program Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun dalam bentuk dana bergulir yang alokasi anggarannya meningkat dari tahun ke tahun.

“Tujuan akhirnya tidak lain agar usaha kecil dan menengah mampu tampil sebagai penyangga perekonomian nasional melalui sumbangsihnya dalam hal penyediaan lapangan kerja, peningkatan produk domestik bruto, pertumbuhan investasi, dan percepatan pembangunan ekonomi daerah,” ujar Bupati Eka.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Irbar Samekto mengatakan DEA terselenggara atas kerjasama Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Dinas Koperindag Tanah Datar serta Diskominfo Tanah Datar.

“Badan Litbang SDM  Kementerian Komunikasi dan Informatika meyakini  penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini, dapat mendorong peningkatan kualitas pengembangan SDM khususnya dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meraih tingkat daya saing bangsa  Indonesia yang lebih baik.  

“Secara spesifik, pelatihan DEA ini diharap mampu menumbuhkan kompetensi di Bidang TIK yang dapat mengoptimalkan kehadiran finansial inklusif TIK, sehingga pemanfaatan TIK dapat memberikan hasil bagi  peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Irbar saat pembukaan pelatihan program digital entrepreneurship academy (DEA) yang juga dihadiri Kepala Dinas Koperindag Dafrizal dan Kepala Dinas Kominfo Abrar.

Irbar Samekto juga mengatakan program ini merupakan peruntukan bagi warga negara Indonesia pelaku UMKM untuk menyiapkan talenta digital di bidang pemasaran agar kapasitas pelaku UMKM meningkat. Pelatihan ini juga merupakan fasilitasi kepada pelaku UMKM atau yang akan memulai usaha, agar bisa memanfaatkan TIK untuk keberlangsungan dan pengembangan usaha. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama