Percepat Herd Immunity Lingkungan Kampus, Polda Riau Gandeng UMRI

 Kapolda Riau berikan keterangan pers


PEKANBARU-Kepolisian Daerah (Polda) Riau kembali menyelenggarakan vaksinasi massal. Kali ini sasarannya ratusan mahasiswa dengan menggandeng pihak Universitas Muhammadiyah (Umri) di Pekanbaru. 

Vaksinasi itu merupakan salah satu langkah kepolisian mengejar target kekebalan kelompok 70 persen, dan meningkatkan imunitas dari potensi penularan Covid-19 di kalangan mahasiswa.

Kegiatan ini berlangsung di kampus Umri Jalan Tuanku Tambusai, Rabu (1/9/2021).  Sejak pagi peserta vaksin sudah mengantre dengan tertib. Tidak ada desak-desakkan atau kerumunan karena mereka langsung diarahkan petugas mulai dari awal tahapannya, diantaranya mengisi formulir hingga cek kesehatan. Masing-masingnya juga sudah ada posko sehingga teratur.

Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi meninjau vaksinasi kegitan tersebut. Hadir mendampingi Kabid Humas, Direktur Reskrimum, Direktur Reskrimsus serta Kapolresta Pekanbaru. Kedatangan jenderal bintang dua ini disambut civitas Umri. Irjen Agung mengecek satu persatu posko layanan yang disiapkan tersebut, hingga ke tahap akhir, yakni penyuntikan vaksin.

Polda menyiapkan 640 vaksin (600 vaksin pertama dan 40 vaksin kedua), dengan prioritasnya bagi para mahasiswa. Sedangkan untuk kegiatan vaksin kedua nanti digelar dalam waktu 28 hari, setelah vaksin pertama. Mahasiswa antusias, apalagi saat ini masyarakat di Pekanbaru terbilang sulit mendapatkan vaksin di sejumlah tempat pelayanan vaksinasi yang ada.

Agung Setya Imam Effendi meyakinkan, polda ingin vaksinasinasi dilakukan secepatnya kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama salahsatunya kalangan mahasiswa.  “Sehingga nanti saat penyelenggaraan pembelajaran tatap muka, sudah memenuhi syaratnya," ujarnya.

Agung menambahkan, gencarnya Polda dalam vaksinasi ini merupakan bagian dari ikhtiar mencegah potensi paparan virus Corona. Yang tak kalah pentingnya, tambah Irjen Agung, dengan adanya upaya lain selain vaksinasi, yaitu menyembuhkan pasien yang terpapar Covid-19. Hal itu akan maksimal bila seluruh unsur saling mendukung dan berkolaborasi.

Selain menggelar vaksin dengan menggandeng pihak lain, polda dengan pelayanan Vaksinasi Centernya di RS Bhayangkara, Jalan Sudirman juga setiap hari menyiapkan vaksin untuk masyarakat. Bahkan sejak mulai dioperasikan, tercatat sudah 32 ribu orang yang telah divaksin di vaksinasi center Polda Riau. Itu hanya dalam kurun waktu beberapa bulan belakangan.

Ia yakin, dengan ketersediaan vaksin yang memadai, maka percepatan vaksinasi bagi masyarakat dapat dikebut. "Kita bahkan bisa melakukan vaksin dalam sehari sebanyak 57 ribu orang. Tentunya ini kekuatan yang besar. Namun jumlah vaksinnya belum terlalu banyak. Kami mendapat jatah menyelesaikan 19 ribu vaksin. Kemarin sehari kita lakukan 16 ribu vaksin. Ini luarbiasa," pungkas Agung. (ES)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama