Dasawisma di Nagari Pagaruyung Diverifikasi

 Verifikasi lapangan dasawisma


BATUSANGKAR-Tim Penggerak PKK Tanah Datar verifikasi lapangan dasawisma Nagari Pagaruyung. Hal ini terkait dengan penilaian dasawisma tingkat Tanah Datar 2021. 


Dasawisma memiliki peran penting sebagai penunjang TP-PKK dan sangat membantu program-program pemerintah karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

"Penilaian dasawisma tidak hanya sebagai perlombaan, ini tidak lain sebagai pemicu dan memotivasi serta untuk mengevaluasi kegiatan dasawisma, berbagai kegiatan dilaksanakan untuk menunjang kesejahteraan keluarga, disini saya melihat masih mempertahankan budaya gotong royong," kata Ketua TP PKK Tanah Datar, Lise Eka Putra, Senin (11/10/2021) saat verifikasi ke Dasawisma Jorong Kapua Nagari Pagaruyung, Tanjung Emas. 

“Mari bersama-sama kita budayakan kembali budaya gotong royong, apa yang kita lakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa lebih ringan jika dibandingkan kita mengerjakannya sendiri, " ungkap Lise. 

Lise Eka Putra juga mengatakan penilaian ini dilakukan dengan dua tahap yaitu tahap penilaian profil dan tahap kedua kunjungan lapangan.  

“Saat ini kita melakukan verifikasi atau penilaian dan kunjungan lapangan untuk melihat dari dekat kondisi rill di lapangan dengan kesesuaian profil yang telah disampaikan,” ucapnya yang dikutip dari siaran pers Bagian Humas. 

Saat kunjungan lapangan akan dilihat administrasi PKK, administrasi dasawisma, rumah contoh, bank sampah terpilah, dekomposter, toga dan inovasi yang dilakukan kelompok dasawisma, hasilnya nanti akan diambil satu nagari yang akan menjadi pemenang dan akan mewakili Kabupaten Tanah Datar ke tingkat Sumatera Barat.

Lise berharap pada kelompok-kelompok dasawisma di setiap nagari melengkapi data seperti data warga, kegiatan warga, rekapitulasi pencatatan kegiatan kelompok dasawisma, rekapitulasi data ibu hamil, melahirkan, nifas, ibu yang meninggal, bayi yang lahir meninggal dan balita yang meninggal. 

Terkait pandemi Covid-19, Lise Eka Putra tak bosan-bosannya menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan sembari mengajak untuk melakukan vaksinasi demi memutus mata rantai penyebaran virus yang dapat menyebabkan kematian itu. 

“Mari kader PKK mulai dari kabupaten hingga nagari untuk berpartisipasi aktif mensosialisasikan bahwa vaksinasi itu aman dan bermanfaat untuk imun tubuh,” ajaknya. 

Ketua PKK Nagari Pagaruyung Lidia I Dt. Mogek sampaikan untuk kegiatan dasawisma di Nagari Pagaruyung sangat aktif seperti menjahit, olahan bahan bekas berkualitas, olahan ramuan sehat, kebun dasawisma, pertemuan bulanan dan pembuatan komposter. (*)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama