Desa Jenarsari Lelang Sawah Bondo untuk Biayai Pembangunan

 Sawah dilelang untuk biayai pembangunan


KENDAL-Bhabinkamtibmas Bripka Heri mewakili Kapolsek Gemuh amankan lelang sawah bondo desa di Desa Jenarsari, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Rabu (6/10/2021).

Lelang tanah kas desa atau biasa disebut tanah bondo deso ini dilaksanakan di balai desa Jenarsari juga  merupakan kekayaan milik desa yang biasa disewakan dengan cara dilelang setiap satu tahun sekali kepada warga setempat yang bersedia menggarapnya. 

Tanah sawah bondo desa yang dilelang kali ini seluruhnya ada 18 lokasi yang semua berupa sawah luasnya berbeda satu sama lain dengan musim tanam 2021/2022.

Kepala Desa Jenarsari, Hj Markinah mengungkapkan, lelang ini merupakan agenda tahunan dalam rangka mendongkrak pendapatan asli desa. 

"Semoga para pelelang dapat menggunakan sebaik-baiknya tanah yang disewakan dengan pola tanam yang baik dan semoga para pelelang tetep mendapatkan keuntungan dari melelang tanah bondo deso ini," katanya.

Markinah menjelaskan, lelang tanah kas desa ini dilaksanakan dengan bebas dan transparan sesuai dengan Peraturan Desa Jenarsari tentang Lelang Tanah Kas Desa.

"Hasil dari lelang tersebut akan dimanfaatkan untuk membiayai pembangunan desa, pelaksanaan lelang ini dilakukan secara terbuka sehingga tidak ada rekayasa pemenang lelang atau manipulasi yang dilakukan oleh panitia lelang,"  katanya.

Lelang ini dilaksanakan penawaran dasar atau harga pembuka diberikan panitia dengan berpatokan pada harga lelang pada tahun sebelumnya dan masing masing penawar diberikan kesempatan penawaran melalui lelang terbuka  yang kemudian dibacakan dan yang menjadi pemenang lelang tersebut adalah yang memberikan penawaran tertinggi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas Polsek Gemuh mewakili Kapolsek Gemuh, Babinsa Koramil Gemuh, para perangkat desa, BPD serta warga, baik yang ikut dalam lelang maupun hanya ingin melihat proses Lelang. Kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 50 orang.

Bripka Heri menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan rutin satu tahun sekali dan uang hasil lelang dimasukkan kas desa untuk pembangunan desa. "Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan situasi kondusif," kata Heri.

Tahap selanjutnya para pemenang membayar secara kontan tanah bondo deso yang dilelangnya disertai pembayaran pajak PBB tanah tersebut. Satu persatu para pemenang melunasi pembayaran lelang bondo deso tahun kali ini. (SAS)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama