Kota Pariaman Mulai Vaksinasi Ibu Hamil

 

Ibu hamil divaksinasi tenaga kesehatan


KOTA PARIAMAN-Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Kesehatan mulai melakukan vaksinasi pada ibu hamil. Vaksinasi bagi ibu hamil itu diluncurkan di aula balai kota, Jumat (8/10).


Vaksinasi bagi ibu hamil dilakukan agar mereka terjaga kesehatannya dan terhindar dari serangan Covid-19. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Genius Umar, pada saat memberikan sambutan di acara tersebut.

“Wanita hamil memiliki peningkatan risiko menjadi berat apabila terinfeksi Covid-19, khususnya pada wanita hamil dengan kondisi medis tertentu, maka diperlukan upaya untuk memberikan vaksinasi bagi ibu hamil. Upaya pemberian vaksinasi tersebut juga telah direkomendasikan komite penasihat ahli imunisasi nasional”, ungkap Genius Umar.

Di Kota Pariaman, saat ini ada sekitar 375 ibu hamil yang menjadi target vaksinasi. Agar target vaksinasi ibu hamil tersebut tercapai 100 persen, maka harus ada bantuan dan kerjasama dari semua pihak untuk mengajak ibu hamil agar mau divaksinasi.

Selain memberikan vaksin untuk ibu hamil, Dinas Kesehatan yang dipimpin Nazifah, juga memberikan makanan tambahan pada ibu hamil kurang energi kronis (KEK).

Nazifah menjelaskan, masalah KEK pada ibu hamil, sangat berpengaruh terhadap kualitas bayi yang dilahirkan, serta berdampak terhadap kematian anak dan ibu. Ibu hamil yang mengalami masalah KEK akan melahirkan bayi dengan BBLR, dan nantinya akan menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan yang dapat berlanjut hingga dewasa. (AA)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama