Pemprov NTB Belajar IKM ke Payakumbuh

 Serah terima cendera mata


PAYAKUMBUH-Pemerintah Kota Payakumbuh mendapat kunjungan dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang ingin belajar tentang pengembangan dan pembinaan yang dilakukan daerah yang dipimpin Wali Kota Riza Falepi kepada pelaku industri kecil menengah (IKM).


Rombongan yang dipimpin Asisten III Sekdaprov NTB Nurhandini Eka Dewi itu disambut Asisten II Sekdako Payakumbuh Elzadaswarman didampingi Kepala DPMPTSP Harmayunis, Sekdis Nakerin Usfa Riyanti, Kabid Perindustrian Bambang Hermanto, Kabid Naker Gesmalindra dan lainnya di balaikota, Kamis (14/10/2021).

Elzadaswarman menyampaikan, atas nama pemerintah kota mengucapkan selamat datang kepada rombongan Pemprov NTB yang telah datang ke Payakumbuh The City Of Randang. "Inilah kotanya si kampung randang dan selamat menikmati kuliner dan alamnya Payakumbuh," katanya.

Elzadaswarman mengatakan, sesuai dengan ikonnya Payakumbuh, di sini ada salah satu kampung yang penghasilan warganya pada umumnya berasal dari industri rendang, yakni Kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori, jadi tidaklah salah jika Pemprov NTB berkunjung.

"Begitu pula dengan IKM, di Payakumbuh ada dua pusat sentra IKM, satu sentra tenun di Kelurahan Balai Panjang, Kecamatan Payakumbuh Selatan dan satu lagi sentra randang yang berada di Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara," ujarnya.

Nurhandini merupakan urang awak, perempuan Minang yang berasal dari Payakumbuh, Nagari Koto Nan Ampek. Dijelaskannya kedatangan Pemprov NTB ke Payakumbuh dalam rangka studi tiru dan saling berbagi informasi yang berkaitan dengan tata cara pembinaan IKM, serta bagaimana pengembangan UMKM di Payakumbuh.

"Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat sangat terinspirasi dengan kemajuan Sumatera Barat khususnya Pemerintah Kota Payakumbuh, terutama dalam bidang pengembangan industri kecil menengah. Banyak inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terutama Pemko Payakumbuh yang di juluki si kota randang," ungkap Nurhandini.

Handini menambahkan, selama berada di Payakumbuh, mereka akan memanfaatkan waktu untuk saling berbagi informasi. Mereka juga akan berkunjung ke lokasi-lokasi yang telah direkomendasikan. (JND)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama