Sumber Air Batang Imang Payo akan Dimaksimalkan

 Wali wali kota tinjau sumber air


KOTA SOLOK - Wakil Wali Kota Dr.Ramadhani Kirana Putra tinjau sumber mata air Batang Imang Payo, Kelurahan Tanah Garam, Solok, Rabu (13/10/2021).


Ramadhani Kirana Putra mengatakan, sumber mata air Batang Imang yang berada di alam Bukit Rimbo Payo berpotensi mengaliri persawahan di kawasan Tanah Garam, yang saat ini sebagian masih sawah tadah hujan. 

Sawah tadah hujan adalah lahan yang memiliki pematang, namun tidak dapat diairi dengan ketinggian dan waktu tertentu secara kontinyu. Oleh karena itu, pengairan lahan sawah tadah hujan sangat ditentukan curah hujan sehingga risiko kekeringan sering terjadi pada daerah tersebut pada musim kemarau.

"Potensi sumber mata air Batang Imang Payo ini akan kita coba maksimalkan untuk mengairi sawah-sawah petani di Tanah Garam," sebutnya.

Wakil wali kota juga akan upayakan sumber air ini dapat menambah debit air baku. "Pemko Solok bersama PDAM akan melakukan kajian dan riset lebih lanjut, semoga dengan ini kebutuhan debit air baku akan semakin banyak dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat," tutup wawako. (SIS)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama