Pariaman Punya Kemiripan dengan Siak


 Pemko Pariaman studi banding ke Siak. (humas)


KOTA PARIAMAN-Wali Kota Pariaman, Genius Umar menyebut daerah yang ia pimpin mempunyai banyak kemiripan dengan Kabupaten Siak. Kemiripan itu mulai dari sektor pariwisata sampai pelestarian budaya. 

Hal ini disampaikan Genius Umar ketika memimpin rombongan LKAAM (Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau) studi tiru ke Kabupaten Siak, Riau, Jumat (5/11/2021).  

Kunjungan rombongan dari Pariaman disambut Wakil Bupati Siak, Husni Merza dan pengurus LAM (Lembaga Adat Melayu) di Kkantor bupati.

Genius Umar juga menerima tanjak, topi khas dari Siak, yang dipasangkan oleh Ketua LAM Siak, Datuk Wan Said. Tanjak dianggap sebagai kewibawaan di kalangan masyarakat Melayu, yang digunakan untuk penutup kepala. Pada zaman dahulu, semakin tinggi dan kompleks bentuknya menunjukkan status sosial si pemakainya.

"Siak kaya akan nilai budaya dan potensi wisata, dan kita di Pariaman juga melakukan hal tersebut, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan serta terus menjaga budaya di daerah," ujarnya yang dikutip dari laman pemerintah kota. 

Dijelaskan Genius Umar, peran LKAAM di Pariaman dan LAM di Siak sangat penting untuk melestarikan adat dan budaya kepada generasi selanjutnya serta sebagai daya tarik wisata. (*) 




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama