Perantau Tanah Datar Diminta Bangun Kampung Halaman

 Bupati Eka Putra dialog dengan perantau Tanah Datar di Bandung. (prokopim)


BANDUNG-Bupati Eka Putra didampingi sejumlah pejabat pemerintah kabupaten, Rabu (12/1) tinjau asrama mahasiswa Tanah Datar di Bandung. Asrama itu terletak di jalan Cisaranteum.

Selain meninjau asrama mahasiswa, bupati beserta rombongan juga silaturahim dengan para pengurus Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) Bandung yang dihadiri Ketua Harian IKTD Bandung Yakub, Ketua Yayasan Istana Pagaruyung Yunardi, Sekretaris Helmi Chaniago, perwakilan nagari-nagari serta pengurus IKTD Bandung lainnya. 

Bupati Eka Putra menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pengurus IKTD Bandung yang telah menerima kedatangannya bersama rombongan dengan sangat baik. 

Eka Putra menyampaikan beberapa program yang telah terlaksana dan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, diantaranya ada program bajak gratis yang rencananya akan di launching pada akhir Januari tahun ini. 

"Kenapa harus ada program bajak gratis? Hal ini disebabkan selama ini biaya operasional petani mahal, belum lagi ketika musim panen harga jual hasil tani murah sehinnga para petani kita sering mengalami kerugian. Ini harus ada solusinya, maka dari itu kami buat program ini. Kalau biaya bajak sudah gratis tentu biaya produksi turun dan petani akan mendapatkan untung," terang bupati yang dikutip dari Prokopim. 

Bupati menerangkan, selain bajak gratis juga ada subsidi pupuk, asuransi ternak, juga asuransi padi. "Karena di kampung sering terjadi angin kencang yang mengakibatkan tanaman padi masyarakat rusak, kalau tanaman padi juga kita asuransikan tentu petani tidak menanggung kerugian lagi, begitu juga dengan ternak mereka," jelas Eka Putra. 

Eka juga menginformasikan beberapa program unggulan lainnya, diantaranya program satu rumah satu hafizh dan hafizhah, program satu nagari satu event, juga program Tanah Datar Diujung Jari yang telah dilaunching empat bulan yang lalu. 

Di samping menyampaikan beberapa program unggulan, Bupati Eka Putra juga meminta kepada para perantau untuk memberikan dukungannya untuk pembangunan di Tanah Datar. 

"Salah satu tujuan kunjungan kami ini selain untuk bersilaturahmi juga untuk meminta dukungan dari perantau, karena peran perantau sangat penting dalam pembangunan baik secara moril maupun secara ekonomi untuk Tanah Datar yang sangat kita cintai ini. Jadi intinya untuk melakukan pembangunan tidak harus mengandalkan anggaran dari pemerintah saja, tetapi melalui dukungan seluruh masyarakat dan juga perantau Insya Allah kita bisa berbuat yang terbaik untuk Tanah Datar Luhak nan Tuo," ungkap Eka Putra. 

Terkait dengan permintaan dan harapan perantau yang disampaikan oleh Ketua Harian IKTD Bandung, Eka Putra meminta agar pihak IKTD membuat proposal, karena saat ini pemerintah tidak bisa asal bantu kalau tidak ada dasarnya. 

Ketua Harian IKTD Yakub, sebelumnya berharap kehadiran bupati bersama rombongan bisa membawa berkah bagi seluruh perantau yang tergabung di dalam organisasi IKTD Bandung. 

Dia mengharapkan pemda melalui bupati bisa mengalokasikan anggaran untuk perbaikan asrama mahasiswa yang telah berdiri sejak 2010 lalu, namun kondisinya saat ini butuh perbaikan di beberapa titik. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama