Ribuan Pesilat Ikuti Parade di Dharmasraya


 Fauzi Bahar kukuhkan Pariyanto sebagai Ketua Pembina Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Dharmasraya 


DHARMASRAYA-Parade pencak silat digelar dalam rangka ulang tahun Kabupaten Dharmasraya ke-18 dipusatkan di halaman Sentra IKM Logam Koto Padang, Kecamatan Koto Baru, Jumat (7/1/2021). Parade  itu dibuka Ketua Umum IPSI Sumatera Barat, Fauzi Bahar.

Parade itu juga dihadiri Ketua DPRD Pariyanto, Sekda Adlisman, Kadis Pendidikan, Marius, Ketua panitia parade Hendri Yamtiko Jati serta ribuan pesilat Dharmasraya.

Hendri Yamtiko Jati mengatakan, parade pencak silat tersebut baru kali ini digelar karena hampir dua tahun tidak bisa digelar karena Covid-19.

Parade pencak merupakan yang ketiga kalinya, yang pertama pada 2017 dan kedua di 2018. Yang ketiga, awal 2022. Parade diikuti 11 perguruan silat di Dharmasraya.

"Diharapkan, nantinya muncul pesilat yang siap membela nama daerah untuk tingkat provinsi, nasional dari Dharmasraya," ucap Hendri Yamtiko Jati.

Sekda Adlisman mengatakan, dengan parade pencak silat akan melahirkan generasi muda yang memiliki bela diri yang baik serta budi pekerti serta sopan santun. "Dengan demikian, generasi itu dan tidak terpengaruh dengan kenakalan remaja, seperti bergaulan bebas, narkotika dan lain sebagainya. Kegiatan ini merupakan pembinaan mental untuk generasi yang akan datang," katanya. 

Fauzi Bahar mengatakan, dia bangga dengan penyelenggaraan parade pencak silat tersebut. "Saya kagum dengan kegiatan seperti ini," katanya.

Menurut dia, parade pencak silat Dharmasraya akan memunculkan pesilat ulung yang akan mengharumkan Sumatera Barat di masa depan.

"Perguruan pencak silat di Dharmasraya akan memberikan motivasi kepada daerah lain untuk melahirkan perguruan pencak silat," katanya.

Pada kesematan itu juga dikukuhkan Ketua Pembina Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Dharmasraya Pariyanto oleh Fauzi Bahar. (eko)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama