Kampung Pancasila Diresmikan di Nagari Sungai Dareh

 Foto bersama setelah peresmian Kampung Pancasila


DHARMASRAYA-Kampung Pancasila diresmikan di Jorong Ampang Kamang, Nagari Sungai Dareh, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat, Selasa (15/3/2022).  Peresmian dipimpin Dandim 0310 Sawahlunto Sijunjung Dharmasraya (SSD), Letkol Inf Endik Hendra Sandi.


Peresmian tersebut dihadari Danramil Pulau Punjung, Mayor Caj Tuti Andayani, Wakapolres Kompol Alwi Haskar dan lainnya. Dandim Endik Hendra Sandi mengatakan, pencanangan kampung Pancasila ini merupakan tindak lanjut dari perintah pimpinan TNI AD guna membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat yang akhir-akhir ini semakin tergerus oleh kemajuan zaman.

"Pancasila merupakan ideologi yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Endik Hendra Sandi.

Tujuan dibentuknya Kampung Pancasila, lanjutnya, guna mempersatukan seluruh komponen bangsa di wilayah, sehingga akan tercipta kehidupan yang harmonis di lingkungan masyarakat walaupun berbeda suku, ras dan agama. 

"Kampung Pancasila ini sebagai usaha TNI, polri dan pemerintah daerah untuk melestarikan nilai-nilai yang terkandung dalam butir Pancasila, serta untuk menciptakan kerukunan antar umat beragama serta mendorong masyarakat agar saling menghormati dan menghargai sesama guna kesejahteraan dan kemakmuran rakyat," kata dia.

Wali Sungai Dareh, Henrianto mengucapkan terima kasih atas pilihnya Jorong Ampang Kamang, Nagari Sungai Dareh menjadi daerah Kampung Pancasila.

"Semoga daerah itu menjadi percontohan bagi nagari nagari di Dharmasraya," kata Henrianto.(eko)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama