Dapat Mesin Produksi, Tomat Salimpauang Diolah Jadi Saos


 Penyerahan bantuan mesin produksi saos kepada KWT Tomat Mawaddah Salimpaung. (kominfo)


BATUSANGKAR-Berkah di bulan suci Ramadhan buat Kelompok Wanita Tani (KWT) Tomat Mawaddah, Kecamatan Salimpaung, Tanah Datar. Pasalnya KWT ini mendapatkan kucuran dana dari Bank BRI berupa kredit usaha rakyat dan juga bantuan berupa mesin produksi saos tomat.


“Berkah yang luar biasa buat kita, pasalnya di bulan yang penuh rahmat ini, petani tomat kita yang tergabung dalam KWT Mawaddah, Kecamatan Salimpaung menerima kredit usaha rakyat dan bantuan alat produksi saos tomat dari Bank BRI dan diserahkan bertepatan dengan grand opening Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dibuka Wakil Presiden RI Ma’aruf Amin,” ucap Wakil Bupati Richi Aprian.

Hal itu dikatakan Wabup Richi Aprian ketika menghadiri langsung grand opening Gernas BBI tersebut, Selasa (12/4/2022) di pelataran Jam Gadang Bukittinggi.

Dikatakan wabup, KWT Mawaddah menerima kucuran dana dalam bentuk kredit usaha rakyat Rp225 juta dan satu unit mesin produksi saos tomat. Ini sangat baik mengingat produksi tomat di Kecamatan Salimpaung cukup tinggi, jadi tomat tidak hanya dipasarkan dalam bentuk buah yang sudah matang, namun juga dalam bentuk olahan seperti saos tomat. 

“Mudah-mudahan ini juga bisa membuka peluang pasar bagi petani dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Tanah Datar dan apalagi jika produksi tomat tinggi, harga rendah maka dapat diolah menjadi saos tomat sehingga bisa dipasarkan dengan harga yang lebih baik dan Gernas BBI ini juga sebagai peluang bagi kita sehingga UMKM tumbuh ekonomi masyarakat bangkit,” ujarnya yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar.

Wabup menyebut, Wali Kota Payakumbuh sangat tertarik dengan usaha saos tomat ini dan akan berkunjung ke Salimpaung dan juga akan berupaya membantu pemasaran saos tomat ini nantinya. Sehingga produk lokal akan berjaya di negeri sendiri. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama