Hari Kartini, 12 Guru Besar Wanita Faterna Unand Terbitkan Buku

 Penyerahan buku karya 12 guru besar wanita Faterna pada Rektor Unand



PADANG-Bertepatan dengan peringatan Hari Kartini 21 April 2022, 12 guru besar wanita Fakultas Peternakan (Faterna) Universitas Andalas terbitkan karya buku berjudul Peran Guru Besar Wanita Fakultas Peternakan Universitas Andalas Dalam Menunjang Pembangunan Peternakan Indonesia


Para guru besar yang menulis buku itu, Prof. Dr. Ir. Arnim, M.S, Prof. Dr. Ir. Zaituni Udin, M.Sc, Prof. Dr. Ir. Fauzia Agustin, M.S, Prof. Dr. Ir. Mardiati Zain, M.S, Prof. Dr. Ir. Wizna, M.S, Prof. Dr. Ir. Mirnawati, M.S, Prof. Dr. Ir. Husmaini, M.P, Prof. Dr. Ir. Maria Endo Mahata, M.S, Prof. Dr. Ir. Nuraini, M.S, Prof. Dr. Ir. Yetti Marlida, M.S, Prof. drh. Hj. Endang Purwati, M.Sc, Ph.D, dan Prof. Dr. Ir. Salam N. Aritonang, M.S. 

Buku tersebut diserahkan para penulis kepada Rektor Universitas Andalas, Kamis (21/4/2022) di ruang kerja rektor, rektorat lantai empat kampus Limau Manis, Padang.

Ïde menulis buku itu muncul atas pemikiran bersama para guru besar wanita Faterna Unand. "Sebagai wanita intelektual, apa yang bisa kita perbuat? Tentunya kita punya karya berupa tulisan, pemikiran dan hasil-hasil penelitian yang bisa kita satukan dan dibaca serta dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas,” kata Prof. Dr. Ir. Maria Endo Mahata, M.S.

Dia menjelaskan, para guru besar meluncurkan buku bertepaatan dengan peringatan Hari Kartini. Buku tersebut merupakan hasil penelitian guru besar Faterna Unand yang terdiri dari bidang ruminansia, ternak unggas, teknologi dan indutri pakan serta bioteknologi hasil ternak. 

“Proses pengerjaan bukunya cukup singkat. Dua bulan rampung karena tekad, semangat serta kekompakan dari para guru besar sehingga lahirnya karya dari 12 guru besar ini dalam sebuah buku,” tambahnya. 

Rektor Prof. Yuliandri menyambut baik dengan diterbitkannya buku Peran Guru Besar Wanita Fakultas Peternakan Dalam Menunjang Pembangunan Peternakan di Indonesia yang ditulis 12 guru besar wanita Fakultas Peternakan Universitas Andalas. 

Buku ini menggambarkan hasil penelitian yang dilakukan sebagai salah satu bentuk kinerja para guru besar wanita yang memiliki faktor dampak untuk menunjang pembangunan peternakan di Indonesia. 

“Hasil karya ini bisa digunakan bagi peminat, khususnya dalam bidang peternakan serta praktisi. Selain itu juga dapat menjadi referensi bagi mahasiswa untuk semua jenjang pendidikan baik sarjana, magister dan doktor serta unsur pemerintah. Hasil penelitian ini masih update dan memperoleh dana penelitian melalui skim hibah dari kementerian,” kata rektor.

Yuliandri berharap kinerja para guru besar wanita Fakultas Peternakan Unand ini dipertahankan dan secara kontinu melahirkan inovasi-inovasi di bidang peternakan yang dapat menjawab tantangan-tantangan pembangunan dan pengembangan bidang peternakan ke depan, serta berkontribusi pada pencapaian terpenuhinya kebutuhan protein hewani nasional asal ternak dan mendorong guru besar lainnya yang ada di berbagai fakultas lainnya untuk menghasilkan karya dalam bentuk buku.

“Buku ini akan dilaunching dan dibedah secara lebih dalam pada Mei mendatang, sehingga dapat dirasakan manfaat lebih dalam dan tersebar secara lebih luas,” kata rektor. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama