Tol Pekanbaru-Bangkinang Segera Tuntas, Sumbar-Riau Lebih Cepat


 Ruas tol Pekanbaru-Bangkinang. (hutama karya)


PEKANBARU-Tol Pekanbaru-Bangkinang ditarget tuntas 20 April 2022. Diperkirakan, ruas tol itu bisa dilintasi untuk arus mudik. Bila tol itu difungsikan, mudik ke Sumbar bisa lebih cepat. Lebih hemat waktu.


Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan pada  Januari lalu menyebutkan, tol Pekanbaru-Bangkinang dirancang memiliki enam jembatan dan dua rest area. 

Tol tersebut memiliki main road sepanjang 40 kilometer dengan kecepatan yang direncanakan 80 kilometer per jam. Jika melewati jalan nasional, dari Pekanbaru ke Bangkinang membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam 40 menit. Bila lewat tol, Pekanbaru-Bangkinang dapat ditempuh dalam kurun waktu 30-45 menit saja!

Diwartakan sebelumnya, jalan tol trans Sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru-Padang pada seksi Pekanbaru-Bangkinang bisa dilewati untuk mudik Lebaran tahun ini. Ruas itu hampir rampung.

"Insya Allah, saat lebaran tol Pekanbaru-Bangkinang sudah bisa dilewati," kata Asisten II Setdaprov Riau, M Job Kurniawan yang dikutip dari riau.go.id.

Pihaknya berharap pembangunan jalan bebas hambatan sepanjang 40 Km itu tidak ada kendala. Sebab saat ini pekerjaan tol Pekanbaru-Bangkinang tinggal sedikit lagi. 

"Mudah-mudahan tidak ada kendala dalam pekerjaan tol Pekanbaru-Bangkinang yang tinggal sedikit lagi. Kalau tak salah tinggal penyelesaian akses jalan menuju jalan nasional (jalan lintas Pekanbaru-Bangkinang)," ungkapnya. 

Project Director Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Bambang Eko mengatakan, pembangunan ruas jalan tol Pekanbaru-Bangkinang ditargetkan selesai pada 20 April mendatang.

Saat ini pembangunan tol Pekanbaru-Bangkinang hanya tersisa di jalan akses menuju ke jalan nasional, yang berada di Sungai Pinang depan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Riau.

"Kami tinggal menyelesaikan yang menuju ke ases jalan nasional depan SPN itu saja. Target kami 15 sampai 20 April sudah selesai,‎" katanya. 

‎Bambang menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menggesa pekerjaan pembangunan rigit sepanjang lebih kurang 200 meter dan pengaspalan jalan rigit tol Pekanbaru-Dumai sepanjang sekitar 400 meter.

"Tersisa sekitar 400 meter lagi, itu pengaspalan rigitnya saja, kalau yang pembangunan rigit tinggal 200 sampai 300 meter," terangnya. 

Disinggung apakah tol Pekanbaru-Bangkinang bisa difungsionalkan saat Lebaran, Bambang mengaku belum bisa memastikan  Sebab kewenangan penetapan jadwal uji coba dan fungsional tol sepenuhnya kewenangan pemerintah pusat.

"Namun untuk fungsional kita menunggu arahan pusat. Yang jelas tugas kami melaporkan progresnya, termasuk jika nanti sudah selesai langsung kita laporkan. Sedangkan untuk fungsionalnya kita ikut kebijakan dari pusat," ujarnya. 

Meski demikian, Bambang menyatakan,  diperkirakan pada mudik Lebaran tahun ini jalan tol Pekanbaru-Bangkinang sudah bisa dibuka.

‎"Kalau target kami  20 April ini  sudah bisa dilewati. Insya Allah ‎mudik Lebaran bisa dilakukan untuk uji coba, tapi untuk kebijakan itu kewenangan pemerintah pusat," tukasnya. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama