Top BUMD Awards, Payakumbuh Boyong Tiga Penghargaan


Penerima penghargaan foto bersama


JAKARTA-Pemerintah Kota Payakumbuh memboyong tiga penghargaan bergengsi di ajang Top BUMD Awards 2022. Penghargaan itu diraih Wali Kota Riza Falepi sebagai Top Pembina BUMD, lalu ada Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Sago Payakumbuh, Khairul Ikhwan sebagai Top CEO BUMD dan terakhir Perumda Tirta Sago yang meraih Top BUMD 2022 Perumda Bintang 4.


Top BUMD Awards adalah satu-satunya kegiatan corporate rating (penilaian kinerja BUMD), yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia. Top  BUMD Awards diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik di Indonesia.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap BUMD, dapat terpacu selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah," ujar ketua penyelenggara Top BUMD Awards 2022, M Lutfi Handayani di Jakarta, Rabu (20/4/2022).

Wali Kota Riza Falepi selaku pembina Perumda Tirta Sago mengatakan penghargaan ini menjadi penilaian yang baik di mata masyarakat, di masa kepemimpinan sebagai wali kota, dirinya telah terwujudkan pelayanan air minum berkualitas, cukup secara kapasitas dan kontiniu dalam pendistribusian.

"Hadiah ini diwujudkan buat masyarakat kami, pelanggan, karyawan, direksi, dan dewan pengawas di Perumda Tirta Sago.  Semoga penghargaan ini menjadi motivasi untuk perbaikan dan kemajuan di masa yang akan datang untuk selalu mweujudkan yang terbaik dari SDM, teknis, sarana dan prasarana," kata Riza.

Direktur Utama Perumda Tirta Sago, Khairul Ikhwan menyebut kegiatan pembenahan, perapian dan pengembangan di berbagai lini di Perumda Air Minum Tirta Sago Kota Payakumbuh sejak beberapa tahun lalu rupanya dinilai sebagai prestasi dengan peraihan TOP BUMD Awards dengan ketegori penghargaan Top Pembina BUMD Awards. 

"Penghargaan tertinggi kepala daerah ini merupakan salah satu prestasi puncak pada tahun 2022 yang dicapai untuk Wali Kota Payakumbuh di bidang sistem penyediaan air minum (SPAM)," ulasnya.

Terkait dengan Top BUMD Awards 2022 ketegori bintang empat yang juga dicapai Perumda Air Minum Tirta Sago sendiri dan untuk ketegori Top CEO BUMD Awards 2022 yang dia dapatkan sebagai direktur utama perusahaan merupakan pencapaian terbaik perusahaan 2022 serta juga menjadi kebanggaan bersama bagi karyawan perusahaan dan masyarakat, khususnya para pelanggan.

"Semenjak dilantik sebagai Direksi Perumda Air Minum Tirta Sago periode 2020-2025 pada Senin, 29 Juni 2020, secara bertahap kami sudah menyelesaikan sebagian tugas yang diamanahkan Wali Kota Riza Falepi sampai dengan mendapatkan penghargaan seperti diuraikan di atas. Penghargaan bergengsi ini merupakan penghargaan hasil kompetisi ribuan BUMD se Indonesia," ungkapnya.

Khairul Ikhwan juga turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mendapatkan penghargaan TOP BUMD Awards 2022 ini untuk yang kedua kalinya.

"Meski pencapaian anugerah ini bukanlah menjadi cita-cita yang ingin dicari, tapi lebih kepada wujud dari komitmen serta usaha serius dalam melakukan perbaikan dan kemajuan perusahaan di segala bidang. Dan dengan selalu berupaya untuk membangun kolaborasi dan sinergi dari seluruh potensi sumber daya yang dimiliki serta memaksimalkan jalinan kerjasama stakeholder perusahaan yang ada," ujarnya.

Khairul memaparkan sesuai dengan rencana induk sistem penyediaan air minum (RISPAM) Payakumbuh ke depan di setiap jaringan infrastruktur aliran air secara bertahap akan dibenahi, salah satunya adalah dengan penggantian pipa-pipa utama yang sudah puluhan tahun terpakai dengan tujuan untuk menekan angka non revenue water (NRW).

"Sistem administrasi, manajemen SDM serta pelayanan perusahaan terhadap konsumen juga ditingkatkan dengan menggunakan sistem untuk menangani keluhan pelanggan, pemasangan baru, sensor kebocoran, sensor tekanan dan level air, pembacaan meter serta pelayanan informasi lainnya yang telah, sedang dan akan dikembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada. Sehingga konsumen memang seperti raja dalam teori ekonominya," tambah Khairul.

Penghargaan diberikan pada Rabu (20/4/2022) di Hotel Raflles Jakarta. Beberapa kriteria penilaian diantaranya berkaitan dengan achievement (prestasi), improvement (perbaikan), dan contribution (kontribusi) BUMD. Yakni pada apa yang telah dilakukan, kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah. (AA)





Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama