Bupati Kendal Sampaikan Nota Pertanggungjawaban APBD


 Bupati serahkan laporan pertanggungjawaban APBD ke pimpinan dewan



KENDAL-Bupati Dico M. Ganinduto sampaikan laporan nota keuangan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2021 dalam rapat paripurna DPRD, Jumat (27/5/2022) di gedung dewan.


Bupati Dico mengatakan, laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Kendal anggaran 2021 telah dilakukan pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah dalam dua tahap. "Tahap pemeriksaan interim atau pendahuluan dilaksanakan pada 14 Januari sampai dengan 4 Pebruari 2022, dan tahap pemeriksaan terinci dilaksanakan pada 10 Februari-11 Maret 2022," tuturnya.

Bupati Dico menyampaikan, pemeriksaan oleh BPK Perwakilan Jawa Tengah ditujukan memberikan opini atas kewajaran penyajian laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Kendal dengan memperhatikan kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang-undangan dan efektivitas pengendalian intern.

"Selanjutnya, laporan hasil pemeriksaan diserahkan BPK kepada ketua DPRD dan bupati pada 8 April 2022. LKPD kembali memperoleh opini wajar tanpa pengecualian atau WTP," jelas Bupati Dico.

Dengan membeli memperoleh WTP, sambung bupati, maka secara berturut-turut dalam enamtahun terakhir ini Pemerintah Kabupaten Kendal dapat mempertahankan opini WTP.

"Memang tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk LKPD 2021,  Kendal menjadi daerah yang pertama di Jawa Tengah yang menyampaikan LKPD ke BPK sehingga paling awal juga mendapat LHP dan pernyataan opini WTP dari BPK," ungkap Bupati Dico.

Ia menambahkan, pencapaian hasil yang telah diperoleh merupakan suatu tantangan bagi para pengelola keuangan dan pengawas keuangan untuk terus meningkatkan kinerjanya, sehingga opini WTP dapat terus dipertahankan dan kualitas LKPD dapat ditingkatkan.

Bupati menyampaikan terima kasih yang kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD, para pimpinan OPD dan ASN di lingkungan Kabupaten Kendal, serta seluruh lapisan masyarakat yang telah memberikan dukungan dan partisipasinya, sehingga dengan alokasi anggaran yang ada, kegiatan yang rencanakan dapat laksanakan dengan baik. (SAS)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama