Indonesia Menang, Cara Bermain Kurang Meyakinkan


Egy selebrasi usai cetak gol. (detikcom) 


PADANG-Indonesia menang 4-1 atas Timor Leste dalam lanjutan penyisihan Grup A SEa Games 2021. Walau menang, namun cara bermain tim asuhan Shin Tae-yong kurang meyakinkan.


Sepanjang laga di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Selasa (10/5/2022) malam, penampilan Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan jauh di bawah performa terbaik bila dibandingkan dengan Piala AFF lalu.

Banyak salah umpan, lemah kontrol bola, banyak energi habis untuk mengejar bola. "Harusnya, bola yang dikendalikan, bukan malah bola yang diburu," kata Masrizal, pecinta sepakbola di Padang. Kalau bola diburu, habis tenaga. Dalam sepakbola modern, tak ada istilah bola dikejar terlalu jauh. 

Menurut dia, pemain nasional harusnya tak perlu diajar lagi tentang cara bermain sepakbola yang efektif. "Terlalu jauh bermimpi tentang juara di Sea Games jika permainan seperti itu," kata Masrizal.

Dia menambahkan, masih ada waktu untuk berbenah bagi tim nasional. Jika ingin lolos ke babak berikutnya, maka mau tak mau harus menang dalam dua laga sisa, masing-masing melawan Filipina dan Myanmar. "Pelatih harus melakukan evaluasi terhadap para pemain," kata Masrizal lagi.

 Indonesia di babak pertama unggul dengan skor 1-0 lewat gol Egy Maulana Vikri di menit ke-16. Sebelum gol Egy, di awal babak pertama kiper Ernando bikin penyelamatan gemilang. Dirinya menepis penalti dari Mauzinho setelah nama terakhir dilanggar Marc Klok.

Di babak kedua, Indonesia tambah gol via Witan Sulaeman di menit ke-52 dan di menit ke-77. Sang kapten Fachruddin juga bikin gol dengan sundulan di menit ke-58. Mouzinho sempat memperkecil ketertinggalan di menit ke-69. Skor akhir 4-1. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama