Pansus DPRD Asahan Sampaikan Hasil Pembahasan LKPJ Bupati


Ketua Pansus serahkan hasil pembahasan LPKJ ke pimpinan dewan


ASAHAN-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Asahan  kembali menggelar rapat paripurna, Rabu (11/05/2022) dengan agenda laporan panitia khusus (pansus) terhadap hasil pembahasan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) bupati anggaran 2021.


Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Baharuddin Harahap, dihadiri Bupati Surya, para pimpinan dan anggota DPRD, sekretaris dewan serta OPD terkait.

Anggota pansus, Jansen Hisar Hutasoit menyampaikan hasil pansus yang dibahas bersama 16 anggotanya yang diketuai Syaddad Nasution dengan harapan apa yang dihasilkan pansus bisa bermanfaat untuk perbaikan-perbaikan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan Asahan di masa mendatang.

Dalam jabarannya, nota LKPJ 2021, bahwasannya LKPJ itu terdiri atas tiga bagian di antaranya: visi dan misi, gambaran pengelolaan keuangan daerah dan gambaran capaian kinerja program pembangunan.

"Kegiatan itu bisa berhasil atau tidak, tentu sangat membutuhkan sebuah diskusi dan penjelasan-penjelasan, maka dibentuklah Pansus LKPJ. Pansus inilah yang kemudian membaca dan meneliti secara internal dan eksternal untuk sampai kepada kesimpulan apakah program atau kegiatan bisa dikatakan berhasil atau tidak,” katanya.

Ditambahkan, hasil pembahasan pansus terhadap LKPJ bupati tentang kondisi ekonomi makro yang disajikan berdasarkan angka proyeksi  mengalami peningkatan dari 2020 sebesar 3,51 persen, dari 0,21 persen menjadi 3, 73 persen di 2021.  Demikian pula dengan sejumlah indikator makro lainnya juga mengalami peningkatan seperti indeks pembangunan manusia (IPM) dari 70,29 persen di 2020 menjadi 70,49 persen di 2021, tingkat pengangguran terbuka menunjukkan grafik positif dari 7,24 persen di 2020 menjadi 6,39 persen di 2021.

Sementara itu, dari struktur anggaran, jelas Jansen, kendati tidak mencapai target 100 persen bagian pendapatan daerah, pansus  masih memberikan apresiasi atas capaian pendapatan daerah secara umum, 96, 06 persen, terlebih di masa pandemi saat ini.

Atas nama pemerintah  kabupaten, bupati ucapan terima Kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD, khususnya Pansus LKPJ atas pembahasan yang telah dilakukan terhadap LKPJ 2021. 

"Semoga rekomendasi yang dihasilkan dapat dijadikan acuan OPD dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program kegiatan pembangunan kedepan. Kami menyadari, rekomendasi yang telah di sampaikan DPRD merupakan masukan  yang berarti bagi pemerintah kabupaten yang selanjutnya akan ditindaklanjuti guna perbaikan kinerja pemerintah daerah di masa datang,” katanya. (YG)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama