Ternak tak Diizinkan Diberangkatkan Melalui Pelabuhan Kendal


Pelabuhan ramai oleh calon penumpang


KENDAL-Tim gabungan dari Satuan Polisi Air Polres Kendal dan Polda Jawa Tengah, TNI Angkatan Laut dan Dinas Perhubungan memberikan sosialisasi keselamatan bagi awak kapal, agen perjalanan dan penumpang KMP Kalibodri, Selasa (17/5/2022). Sosialisasi dan imbauan ini dilakukan bersamaan dengan keberangkatan KMP Kalibodri yang membawa ratusan penumpang ke Kumai. 


Sosialisasi untuk menghindari dan mengantisipasi risiko, baik penumpang dan anak buah kapal (ABK). Kasat Polair Iptu Agus Suwandi mengatakan, sosialisasi sebagai langkah antisipasi kerawanan baik saat menunggu di pelabuhan hingga di kapal.

"Sesuai arahan pimpinan kita memberikan imbauan kepada operator, agen, pengurus dan penumpang untuk mengurangi risiko ABK meninggal dan menjamin keselamatan penumpang KMP Kalibodri," jelasnya.

Petugas gabungan juga mengecek pemeriksaan penumpang yang dilakukan tim kesehatan di pelabuhan, untuk memastikan mereka yang naik ke kapal benar benar sehat. Tidak hanya itu kesehatan ABK dan kru armada angkutan barang juga menjadi prioritas.

Kepala UPTD Pelabuhan Kendal, Andi Rahmat mengatakan jumlah penumpang kali ini memang lebih banyak, namun masih sesuai dengan kapasitas kapal. “Data dari ASDP jumlah penumpang 338, awak kendaraan 60, kru pengikut empat dan ABK 19 jiwa,” katanya.

Kendaraan yang diangkut 65 unit mulai dari kendaraan besar hingga sepeda motor. Untuk sementara pengiriman hewan ternak berupa sapi, kerbau dan kambing belum diperbolehkan sesuai dengan surat edaran dari Balai Karantina untuk antisipasi penyakit mulut dan kuku. (SAS)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama