Agar PMK tak Meluas, Pemkab Lampung Utara Percepat Vaksinasi

Wabup pimpin rakor TPID Lampung Utara


KOTABUMI-Jelang Idul Adha, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara gelar rapat koordinasi Tim Teknis Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Rakor dipimpin Wakil Bupati Ardian Saputra didampingi Sekda Drs. H. Lekok dan Plt. Asisten II Sofyan tersebut berlangsung di ruang Siger Setdakab, Rabu (29/6/2022). Hadir juga Kepala BPS, Kepala Bulog, Kemenag dan kepala organisasi perangkat daerah terkait. 


Wabup mengarahkan agar dinas terkait segera melakukan berbagai langkah strategis terkait pemeriksaan hewan kurban agar tidak menimbulkan keresahan dan kekhawatiran di masyarakat, sekaligus memastikan semua hewan kurban di Lampung Utara terbebas dari wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Segera dilakukan pemeriksaan hewan kurban baik di peternak maupun di lapak-lapak penjualan hewan kurban, sehingga tingkat kepercaya masyarakat meningkat bahwa di Lampung Utara tidak ada hewan yang terjangkit PMK," katanya.

Ditambahkan wabup, untuk Dinas Perdagangan dan Bulog diharapkan dapat mengantisipasi kekurangan stok pangan dan kenaikan bahan kebutuhan pokok. Hal ini mengingat tingginya permintaan kebutuhan pokok jelang Idul Adha.

Selain itu, tak kalah pentingnya juga sosialisasikan arahan pemerintah pusat terkait pembelian minyak goreng curah rakyat (MGCR) dengan mengunakan aplikasi PeduliLindungi sehingga tata kelola distribusi MGCR menjadi lebih akuntabel dan bisa terpantau mulai dari produsen hingga konsumen.

Sekda  mengingatkan, pemerintah harus berada di tengah masyarakat untuk memberikan solusi terbaik mengingat pada kondisi saat ini adanya kenaikan harga beberapa bahan pokok, sehingga tidak ada keresahan masyarakat tentang kebutuhan bahan pokok makanan menjelang lebaran Idul Adha. Untuk itu segera laksanakan sosialisasi ke masyarakat dan melakukan koordinasi ke kabupaten-kabupaten se Provinsi Lampung apa bila ada lonjakan harga kebutuhan pokok.

"Semua kita lakukan dengan tujuan semua kebutuhanan masyarakat dapat terpenuhi. Oleh karenanya pada dinas dan instansi terkait segera ambil berbagai langkah kongkrit dalam mengantisipasi kenaikan harga dan ketersedian bahan pokok," ucap Sekda.

Pada rakor itu juga diungkapkan Dinas Pertanian menerima vaksin PMK hewan ternak 3.500 dosis dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk dilakukan penyuntikan pada ternak-ternak guna mengantisipasi penyakit PKM. 

Pada Selasa (28/6/2022), sudah uji coba 200 dosis di Desa Sumber Arum, Kecamatan Kotabumi dan uji coba berjalan ukses. Sementara hari ini dilakukan penyuntikan di Kecamatan Abung Surakarta dengan target 300-500 dosis. Pada Kamis di kecamatan Abung Semuli-Abung Timur. Rinciannya, Tanjung seneng 50 dosis, Sukamaju 50 dosis, Negara bumi 70 dosis, Sidomukti dan Bumijaya 230 dosis. Pada Jumat di Kecamatan Abung Selatan 300 dosis. Senin depan di Kecamatan Bunga mayang 400 dosis, Selasa dan Rabu Kecamatan Sungkai Utara 1.000 dosis. (irma)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama