Kirim Rp200 Ribu Saja, Rp40 Miliar Masuk ke Tanah Datar

 Bupati Tanah Datar dialog dengan perantau


BATUSANGKAR-Kunjungi dan bersilaturahmi bersama merupakan salah satu cara membangun komunikasi antara pemerintah daerah dengan perantau untuk turut membangun kampung halaman secara bersama.

Hal ini disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra saat bersilaturahmi bersama Ikatan Keluarga Padang Luar (IKPL) di Restoran Sederhana Kebun Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (18/9/2022). 

Bupati Eka Putra menambahkan, perantau memiliki peran penting dalam pembangunan di Tanah Datar, karena tanpa bantuan dan dukungan perantau pembangunan tidak akan berjalan maksimal.

"Contoh sederhana saja adalah, perantau mengirim uang rata-rata Rp200 ribu per orang kepada sanak famili di kampung. Coba jumlahkan, sekiranya 200 ribu  perantau di seluruh Indonesia melakukan hal sama, setidaknya ada Rp40 miliar uang masuk ke Tanah Datar per tahunnya," sampainya.

Eka menyampaikan, disamping untuk bersilaturahmi, pertemuan itu juga menjadi wadah bagi Pemerintah Daerah dan melalui ia sebagai kepala daerah untuk menyampaikan program dan capaian pembangunan di Tanah Datar. 

"Pemerintah daerah telah meluncurkan 10 program unggulan, di antaranya Program Bajak Gratis, Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah, Satu Nagari Satu Event, kemudian Program Makan Rendang di Tanah Datar yang artinya pemberantasan rentenir agar hilang di Tanah Datar dengan memberikan pembiayaan tanpa agunan kepada UMKM, serta beberapa Progul lainnya," kata Eka yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar. 

Dikatakan Eka lagi, semua program unggulan sudah berjalan dan dilaksanakan di berbagai wilayah Tanah Datar yang muaranya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik dalam jangka pendek atau jangka panjang. 

Sekretaris IKPL DPD Jabodetabek Amrizal mewakili pengurus dan undangan lainnya menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih atas kehadiran Bupati Tanah Datar untuk bersilaturahmi. 

"Terima kasih pak Bupati telah meluangkan waktu untuk bersilaturahmi bersama IKPL," katanya. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama