Unand Lepas 1.141 Tamatan, Ini Pesan Rektor

 

Rektor Prof. Yuliandri pindahkan jambul wisudawati


PADANG-Universitas Andalas lepas 1.141 tamatan dalam wisuda di auditorium kampus Limau Manis, Padang, Sabtu (5/11/2022). Wisuda itu merupakan yang kelima di sepanjang tahun ini.

Rektor Unand, Prof. Yuiandri menyebutkan, wisuda secara langsung  membuka ruang menjalin silaturrahim dan menumpahkan kebahagiaan masing-masing keluarga atas keberhasilan yang diperoleh dalam menyelesaikan  studi di perguruan tinggi. 

"Bahkan dalam tradisi perguruan tinggi kita di Indonesia, wisuda memberi makna tersendiri bagi mahasiswa untuk memasuki dunia baru setelah menjadi mahasiswa," katanya.

Para wisudawan tersebut merupakan lulusan program diploma, sarjana, profesi, spesialis, magister dan doktor. Mereka yang diwisuda, program diploma tiga 19, sarjana 797, profesi 179, magister 128, spesialis sembilan dan doktor sembilan tamatan.


Para wisudawan dengarkan arahan Rektor Prof. Yuliandri

Rektor menyampaikan selamat kepada mereka yang diwisuda karena telah menyelesaikan pendidikan sesuai waktu yang disediakan. "Selamat atas gelar akademik beserta hak yang melekat pada gelar dimaksud. Semoga semua dapat menggunakan ilmu dan gelar itu untuk kebaikan dan kemaslahatan orang banyak," kata Yuliandri.

Ditambahkan rektor, seorang sarjana ikut memikul tanggung jawab keilmuan memajukan tingkat kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. "Di tengah berbagai perubahan yang ada, tantangan kehidupan masyarakat di masa depan yang semakin berat. Oleh karena itu, bangunlah kepedulian dalam diri saudara, peka-lah terhadap kehidupan masyarakat, serta dedikasikan ilmu untuk membantu masyarakat, terutama masyarakat lemah," jelas profesor hukum tersebut.

Menurut rektor, dalam menapaki kehidupan nyata setelah ini, jadikanlah hasil pembelajaran dan pengalaman selama  menjalani perkuliahan di Unand yang baru sebatas modal awal yang dikembangkan, sehingga tamatan menjadi seorang intelektual yang mengedepankan perilaku yang bermartabat dengan kompetensi yang diakui. 

"Teruslah mengembangkan diri, jangan sekali-kali takut akan gagal. Sebab, gagal adalah pelajaran sangat berharga untuk sebuah kesuksesan. Jangan pernah berhenti jika Anda tersandung kegagalan, sebab jika berhenti berusaha sebelum mencapai sukses maka kegagalanlah yang akan menjadi garis takdir saudara. Oleh karena itu, teruslah berusaha sekuat tenaga bermodal ilmu pengetahuan yang dimiliki," katanya.

Dikatakan rektor, para wisudawan, terutama pada jenjang pendidikan sarjana, diploma, spesialis dan profesi, jika telah mendapatkan tempat bekerja, melanjutkan studi, ataupun membuka lapangan kerja sendiri, kiranya memberikan informasi dan menyampaikan ke almamater, sesuai dengan aplikasi yang telah diketahui. Hal ini penting diingatkan, karena kesuksesan juga akan menjadi prestasi bagi institusi terutama dalam melakukan penelusuran terhadap alumni.

"Apalagi dalam waktu pendek telah dapat melakukannya dan ini juga menunjukan keberhasilan saudara, dapat memanfaatkan ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama masa pendidikan, dan langsung dapat dimanfaatkan di masyarakat," ujar rektor.

Rektor berpesan, dalam menjalani berbagai profesi apapun nantinya, tetap menjaga integritas dan nama baik almamater karena dengan menjaga integritas diri serta mengingat almamater kebanggaan bagi tamatan akan dapat menjadi modal awal bagi pribadi masing-masing.

Rektor menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para orang tua, wali mahasiswa yang telah memberi kepercayaan penuh kepada Unand untuk mendidik selama beberapa tahun terakhir.  (ZK)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama