168 Kepala Desa Rakor di Danau Toba International Cottage, Ini Harapan Wabup Asahan

 Wakil Bupati Asahan buka rapat koordinasi kepala desa


ASAHAN-Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin Siregar buka rapat koordinasi kepala desa se-Kabupaten Asahan, Sabtu (21/1/2023). Kegiatan diadakan di Danau Toba International Cottage.

Pembukaan itu juga dihadiri Asisten I Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas PMD dan pejabat lainnya.

Kepala Dinas PMD, Suherman Siregar menyampaikan, rakor itu guna membahas beberapa permasalahan aktual terkait pemerintahan desa. "Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, 20-22 Januari di Danau Toba International Cottage dan diikuti 168 kepala desa," jelas Suherman.

Wakil bupati menyampaikan ucapan terima kasih atas keikutsertaan kepala desa dalam pelaksanaan rakor kali ini. Dia mengutarakan, kegiatan ini merupakan wadah dalam mensinkronkan dan mensinergikan program pemerintahan mulai dari tingkat pusat ke daerah, diharapkan juga sampai ke tingkat desa. 

"Sesuai hasil rapat koordinasi dengan Presiden RI beberapa waktu silam, seluruh pemda diminta lakukan sinkronisasi pelaksanaan tugas pemerintahan hingga ke tingkat desa, khususnya dalam penanggulangan kemiskinan ekstrim dan penurunan angka stunting. Saya meminta agar seluruh kepala desa untuk dapat mensinkronkan seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan di desa agar sesuai dengan 10 program prioritas Pemerintah Kabupaten Asahan dan sinkron pula dengan prioritas yang ditetapkan pemerintah pusat," ujarnya.

Wabup meminta seluruh kepala desa memahami tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ada. 

Wabup juga berpesan kepada kepala desa agar dapat menyusun APBDes 2023 yang bersumber dari Dana Desa agar mengedepankan tiga prioritas yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, yakni penanggulangan kemiskinan, sinergi dengan program nasional, mitigasi bencana alam dan non alam serta sinkron pula dengan 10 program prioritas Pemerintah Kabupaten Asahan.  (YG)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama