Resep Mi Hokkian, Salah Satu Inspirasi Hidangan Saat Imlek

  

Ilustrasi Mi Goreng. Sumber foto: Unsplash.com


Tahun baru Cina atau Imlek akan dirayakan pada 22 Januari 2023. Tentunya untuk merayakanya diperlukan beberapa persiapan. Seperti hari-hari besar lainnya, Imlek juga memiliki hidangan kuliner yang khas. Apabila idulfitri memiliki hidangan kuliner khas berupa ketupat lontong opor, maka saat perayaan imlek ada kuliner khas, seperti Kue keranjang, Bebek Panggang, hingga Mi Hokkian.

Para artikel kali ini, redaksi akan membahas tentang resep Mi Hokkian agar para pembaca bisa mempersiapkan bahan-bahannya, kemudian bisa membuatnya menjelang perayaan Imlek. Sebelum membahas lebih dalam tentang resepnya, mari kita pelajari terlebih dahulu tentang Mi Hokkian.

Mi Hokkian atau bisa juga disebut dengan Mi Hokkien merupakan hidangan oriental yang banyak ditemui di Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Menu ini bisa berupa mi goreng atau pun mi kuah, dan ada juga yang membuatnya dengan campuran mi dan nasi.  Secara umum, bahan utamanya adalah mi telur, namun biasanya mi yang satu ini menggunakan mi yang agak besar dan kaku. Cenderung ke mi yang campuran telurnya lebih sedikit dari terigunya. Meski demikian, Anda dipersilahkan untuk membuat menu ini sesuai selera.

Menu mi yang satu ini biasanya diolah dengan mengandalkan kekuatan kaldu yang digunakan. Anda bisa memilih kaldu sesuai selera atau budaya di tempat tinggal Anda. Untuk Indonesia, biasanya digunakan kaldu ayam, sapi, atau Babi. Rasa pedas, dan gurih membuat menu ini disukai banyak orang baik dari anak-anak hingga dewasa.

Bagi Anda yang ingin memasak menu ini saat Imlek nanti, sebaiknya simak resep dan baca baik-baik cara membuat mi hokkian di bawah ini;

 

Resep Mi Hokkian Nikmat

Sebagai makanan perayaan, menu ini pasti dibuat dalam jumlah yang cukup besar. Berikut ini perkiraan bahan-bahan untuk porsi 5 orang;

-        3 bungkus Mi Hokkian kuning (Bisa basah bisa kering)

-        250 gram daging ayam

-        250 gram udang

-        Bakso Sapi

-        1 ikat sawi hijau

-        Daun bawang secukupnya

-        4 butir telur

-        4 siung bawang putih

-        Kecap asin

-        Kecap manis

-        Gula

-        Garam

-        Merica

-        Penyedap

-        Kuah Kaldu

Cara Membuat:

  1. Terlebih dahulu haluskan bawang putih, potong sawi hijau, daun bawang, daging ayam, bakso sapi, dan udang.
  2. Apabila Anda menggunakan mi kering, berarti rebus dahulu hingga siap dimasak. Apabila sudah mi basah, cukup cuci dengan air hangat agar minyak-minyaknya luntur.
  3. Tumis bumbu yang dihaluskan, setelah wangi, masukkan telur kemudian tumis lagi hingga telur mengering.
  4. Masukkan kuah kaldu agar bumbu dan telur basah. Perhatikan kuah kaldu yang dituang. Apabila Anda ingin membuat mi goreng, berarti pastikan hanya sedikit kaldu yang dituang. Perhitungkan kaldu tersebut akan mengering saat selesai masak. Kalau yang dibuat mi kuah, maka tidak masalah menuang kaldu agak banyak.
  5. Setelah kuah kaldu sedikit panas, masukkan semua jenis daging yang digunakan. Kalau Anda khawatir daging kurang matang, Anda bisa merebus terlebih dahulu daging yang digunakan.Tumis-tumis daging hingga 3-5 menit.
  6. Masukkan mi kuning sesuai kebutuhan. Aduk-aduk sembari beri garam, gula, merica, dan penyedap. Aduk terus agar bumbu merata.
  7. Kemudian masukkan sayur. Sembari terus diaduk, masukkan kecap manis, dan kecap asin. Kalau suka, Anda bisa menambahkan saus cabe, atau potongan cabe, atau bubuk cabe.
  8. Aduk terus hingga semua tercampur dan bau wangi semakin terasa. Cicipi sebelum diangkat. Setelah rasanya nikmat, angkat dan hidangkan.

Itulah cara membuat menu spesial Imlek berupa mi. Menu ini sangat cocok untuk disantap bersama selagi hangat. Biasanya, dalam perayaan Imlek ada juga ritual memberi hadiah. Rasanya hidangan khas saja tak cukup sempurna kalau tak dilengkapi dengan hadiah Imlek.

Anda yang belum membeli hadiah Imlek kini tak perlu bingung lagi. Blibli menyediakan segala kebutuhan Anda dengan promo spesial. Mal online terbesar di Indonesia itu mengadakan promo chinese new year Blibli sehingga belanja hadiah Imlek akan semakin ekonomis dan hemat.

Anda bisa mulai menikmati Promo Chinese New Year ini mulai 16 Januari hingga 23 Januari 2023. Bersiaplah mengejar angpau hingga Rp16 juta, berburu flash sale setiap hari, dan dapatkan cashback hingga 88%.  Belanja di Blibli pastinya aman dan nyaman karena pasti gratis ongkir.


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama