Fasilitasi Wartawan ke Medan, Wali Kota Payakumbuh Sejalan dengan Presiden Joko Widodo

 Rida Ananda. (humas)


PAYAKUMBUH-Semangat dan perhatian yang diberikan Wali Kota Rida Ananda untuk memfasilitasi wartawan Luak Limopuluah (Payakumbuh-Limapuluh Kota) untuk menghadiri Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan ternyata sejalan dengan yang disampaikan saat Presiden Joko Widodo ketika memberi sambutan pada puncak peringatan HPN, Kamis (9/2/2023).


Presiden Joko Widodo menyebut media mainstream (arus utama) justru sangat dibutuhkan untuk menjadi rumah penjernih informasi. Media arus utama menyajikan informasi yang terverifikasi dan menjalankan peran sebagai communication of hope yang memberi harapan pada masyarakat. 

"Peran utama media kini makin penting untuk mengaplikasikan kebenaran dan menyingkap fakta terutama di tengah keganasan post truth, pasca fakta dan pasca kebenaran. Media arus utama diharapkan mampu menjaga dan mempertahankan misinya untuk mencari kebenaran, searching the truth dan membangun optimistisme. Oleh karena itu, saya minta semua pihak baik kepada lembaga pemerintah pusat dan daerah, BUMN, perusahaan swasta, lembaga swadaya masyarakat, untuk mendukung keberadaan media arus utama,” kata Jokowi.

Saat bertemu dengan perwakilan organisasi wartawan di ruang kerjanya, Selasa (31/1/2023), Wali Kota Rida Ananda menjelaskan, peran media sangat besar bagi pemerintah daerah, media selain untuk menyiarkan informasi terkait program pemerintah kepada masyarakat, juga diharapkan dapat menjadi mitra dalam mempromosikan pariwisata, apalagi Payakumbuh telah memiliki city branding, tentu butuh didorong melalui publikasi.

"Tak dapat kita pungkiri, media juga diharapkan dapat ikut memberikan kontribusi terkait dengan pengendalian inflasi, serta pengentasan kemiskinan ekstrem dan kasus stunting. Tentunya dengan pemberitaan berbobot, berimbang, dan edukatif untuk masyarakat," tukuknya.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Payakumbuh-Limapuluh Kota, Aspon Dedi menyampaikan apresiasi kepada Wali Kota Rida Ananda atas support dan perhatiannya kepada wartawan. 

"Pak Rida itu mengerti bagaimana peran media, sesuai dengan apa yang dikatakan Presiden Joko Widodo saat membuka HPN di Medan. Insan pers membuka harapan orang biasa jadi presiden," ujarnya. (JND)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama