Kabupaten Asahan Wujudkan Smart City

 Bupati Asahan tandatangani nota kesepakatan dengan Kementerian Kominfo 


ASAHAN-Kementerian Kominfo melakukan penandatanganan nota kesepakatan tentang implementasi gerakan menuju kota cerdas (Smart City) 2023 secara virtual dengan dua Provinsi (Jawa Barat, DIY) dan 50 kabupaten/kota di Indonesia. 


Tujuan dari penandatanganan ini, menciptakan perencanaan dan pengembangan pada suatu kota yang layak huni, maju dan modern sehingga meningkatkan produktivitas daerah, daya saing ekonomi dan pembangunan fondasi pada suatu kota atau negara. Hal itu disampaikan Kementerian Kominfo  melalui Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan, Bambang Dwi Anggono saat membuka kegiatan tersebut, Selasa (28/2/2023)

Bambang mengatakan, saat ini penggunaan teknologi informasi (TI) sangat dibutuhkan, terutama pada pemerintah, yang dipergunakan untuk pelayanan publik, bertujuan mempermudah masyarakat dalam setiap urusan. Smart city ini merupakan gerakan untuk mendukung penggunaan TI di Indonesia. "Diharapkan dengan program ini dapat terciptanya teknologi yang inovatif dan mampu mendukung satu data Indonesia yang terintegrasi satu dengan yang lain," ucap Bambang.

Bambang mengatakan, 50 kabupaten/kota yang menandatangani nota kesepakatan akan mendapatkan pendampingan untuk membangun smart city. Dia berharap, semoga keberadaan smart city dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Bupati Surya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Asahan siap bekerjasama dengan pemerintah pusat mewujudkan Asahan menuju kota cerdas 2023. "Pemerintah kabupaten siap mendukung smart city  karena dengan adanya smart city, Asahan akan menjadi kota yang maju dan modern, sehingga meningkatkan produktivitas daerah serta daya saing ekonomi," ucap bupati di aula Mawar kantor bupati.

Bupati mengatakan, program ini juga merupakan salah satu cara Pemerintah Kabupaten Asahan untuk menjalankan 10 program prioritas, yaitu digitalisasi birokrasi. "Diharapkan dengan keberadaan smart city nantinya dapat mempermudah masyarakat dalam setiap kegiatan. Jadi keberadaan smart city di Asahan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," katanya.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah menunjuk Asahan untuk mengikuti gerakan menuju smart city 2023. "Kabupaten Asahan siap menjadi smart city," kata bupati.

Bupati didampingi Asisten Administrasi Umum, Kepala Bappeda, Kadis Kominfo, Kabag Orta Setdakab dan Kabag Pemerintahan Setdakab Asahan. (YG)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama