Siapkan Bahas APBD 2024, Pimpinan dan Anggota DPRD Padang Ikuti Bimtek

 

Ketua DPRD Syafrial Kani pasangkan tanda peserta pada anggota DPRD Padang yang ikut bimtek


BUKITTINGGI-Pimpinan dan anggota DPRD Padang ikuti bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapasitas. Bimbingan teknis itu diadakan memanfaatkan masa sidang pertama 2023 yang berlangsung di Hotel Grand Royal Denai, Bukittinggi.

Bimbingan teknis itu menghadirkan narasumber yang kompeten dari perguruan tinggi.

Sekretaris DPRD Padang, Hendrizal Azhar mengatakan, berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah (Bamus) pada 29 Desember 2022 tentang agenda dan jadwal DPRD pada masa sidang pertama Tahun 2023, ditetapkan digelarnya bimtek tersebut selama lima hari, 6-10 Maret 2023.


Peserta bimbingan teknis


Dikatakannya, tujuan dan manfaat bimbingan teknis ini agar  pimpinan dan anggota DPRD mengetahui dan memahami  peraturan perundang–undangan terbaru yang terkait dengan tugas, fungsi dan wewenang PRD.

“Selain itu, agar  pimpinan dan anggota PRD memiliki pemahaman tentang bagaimana mekanisme dan tata cara penyusunan KUA-PPAS dan penetapan APBD," katanya.

Tema yang diambil dalam bimbingan teknis itu, tata cara penyusunan KUA–PPAS dan Penetapan APBD 2024.

Menurutnya, materi yang diberikan kepada 45 anggota DPRD, yakni pendalaman Undang-undang Nomor 1/2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah, Optimalisasi dan Wewenang DPRD dalam Perencanaan Pengawasan Keuangan Daerah, Mekanisme Oembahasan KUA–PPAS APBD 2024 dan teknik dan tata cara penyusunan KUA–PPAS.

Ketua DPRD Syafrial Kani mengatakan, bimbingan teknis pendalaman tugas pimpinan dan anggota DPRD ini sangat penting guna menambah wawasan dan pengetahuan bagi anggota dewan. “Agar pimpinan dan anggota DPRD memiliki pemahaman dan kemampuan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai perwakilan rakyat di lembaga legislatif," kata dia.

Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani buka bimtek

Dikatakannya, DPRD merupakan lembaga politik sebagai perwakilan dari rakyat di daerah pemilihannya. Untuk itu, pembangunan sebagai sebuah perubahan yang membawa ke arah yang lebih baik membutuhkan berbagai sumber daya sebagai inisiator dan motor penggerak pemerintahan. 

“Sebagai lembaga legislatif, DPRD Padang memiliki tugas, peran dan tanggung jawab dalam mensukseskan pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Dikatakan Syafrial Kani, materi yang disajikan dalam bimtek ini sangat penting dan relevan dengan perkembangan kondisi Pemerintahan Kota Padang saat ini, sehingga tepat sekali jika materi tersebut dibahas dalam kegiatan bimtek dan peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD. 

“Bimbingan teknis guna mendukung peningkatan pengetahunan dan kinerja kami sebagai pimpinan dan anggota DPRD,” kata dia.

Kepada narasumber, Syafrial Kani berharap agar dapat memberikan materi secara komprehensif kepada peserta Bimtek tersebut, sehingga diharapkan akan menambah pemahaman dan pengetahuan anggota DPRD kota Padang.

“Sebagai pimpinan DPRD, kami berharap kepada peserta kegiatan Bimtek pendalaman tugas ini, agar dapat mengikutinya dengan serius, sungguh-sungguh dan sampai selesai. Semoga bimtek memberi arti dan manfaat bagi peserta guna peningkatan profesionalisme dan kinerja dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai anggota DPRD,” pungkasnya.


Peserta serius ikuti bimtek

Menurutnya, bimtek pendalaman tugas adalah merupakan hak bagi anggota DPRD dalam masa jabatannya. (adv)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama