Tiang Listrik Tumbang, Akses Padang-Medan Terhalang


Pohon tumbang yang menutup akses jalan


AGAM-Curah hujan tinggi mengguyur Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Selasa (28/3/2023) sore. Hujan memicu bencana tanah longsor dan banjir di beberapa titik.


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Bambang Warsito mengatakan, pihaknya mendapat informasi adanya tanah longsor di Jorong Batuang Panjang, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya sekitar pukul 18.50.

Material tanah bercampur bebatuan dan kayu menutupi sebagian badan jalan sepanjang 10 meter dengan ketinggian mencapai dua meter yang mengakibatkan akses lalulintas selingkar Danau Maninjau putus total.

"Magrib tadi kami mendapat laporan ada tanah longsor di Jorong Batuang Panjang, Nagari Sungai Batang, saat ini tim reaksi cepat sedang menuju lokasi," ujarnya.

Tidak jauh dari lokasi tersebut, pihaknya mendapat informasi banjir yang merendam MTs Muhammadiyah Sungai Batang, air merendam sekolah dengan ketinggian sekitar 50 cm. 

"Untuk bencana banjir, saat ini pihak sekolah sudah melakukan evakuasi barang-barang agar tidak terendam banjir," terangnya

Selain itu tanah longsor yang menumbang salah satu tiang listrik di Jorong Aia Kijang Nagari Nan Tujuah Palupuan, akibat peristiwa ini Jalur Lintas Sumatera Bukittinggi-Medan, tidak bisa dilewati.

Sementara itu informasi yang diterima kondisi cuaca dengan intensitas tinggi terjadi hampir seluruh wilayah di Agam hal tersebut menyulitkan petugas untuk melakukan evakuasi.

"Saat ini kita masih melakukan pendataan, kami menghimbau masyarakat serta pengendara yang melintas untuk tetap waspada. Saat kondisi hujan usahakan tidak melintas di kawasan Rawan Longsor," tutupnya. (HAN)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama