Dua Maskapai Penerbangan Kembali Beroperasi di Yahukimo

 Bandara Nop Goliat Dekai yang kembali dipadati masyarakat


JAYAPURA-Seiring dengan pulihnya keamanan di Yahukimo pasca sejumlah kejadian yang mengakibatkkan terganggunya aktivitas penerbangan, Rabu (5/4/2023), dua maskapai kembali membuka rutenya ke Kota Dekai.


Hal terlihat dari jadwal penerbangan dari Trigana Air dan Wings Air yang kembali diterbitkan serta suasana di Bandara Nop Goliat Dekai yang kembali dipadati masyarakat yang hendak berangkat ataupun tiba dari Jayapura.

Dari jadwalnya, Trigana Air, hari ini mulai beroperasi, sementara Wings Air akan beroperasi pada Senin (10/4/2023).

Untuk diketahui sejumlah kejadian di Yahukimo, salah satunya yang cukup menyita perhatian, yakni penembakan terhadap salah satu pesawat milik maskapai Trigana Air, membuat aktivitas penerbangan di Yahukimo sempat terhenti.

Tidak hanya Trigana Air, maskapai Wings Air pun turut menunda rute penerbangan ke Dekai hingga waktu yang tidak ditentukan. 

Sebenarnya, aktivitas penerbangan tidak sepenuhnya terganggu, karena pesawat perintis masih tetap melayani, di saat dua maskapai dengan armada pesawat jenis ATR-72, menghentikan rutenya ke Kota Dekai.

Namun dengan pulihnya situasi keamanan, kini kedua maskapai tersebut kembali membuka rute ke Yahukimo.

Kapolres AKBP Arief Kristanto mengatakan bahwa situasi Yahukimo, terutama Kota Dekai sudah kembali pulih.

Polres Yahukimo bekerjasama dengan TNI siap menjamin keamanan aktvitas penerbangan. “Kami siagakan personel di Bandara Nop Goliat Dekai, untuk memberi keamanan aktivas penerbangan,” ujar Kapolres.

Selain pengamanan di bandara, pihaknya juga melakukan pengamanan di sejumlah objek vital. “Kegiatan preventif juga kami terus tingkatkan, adalah dengan mengintensifkan patroli gabungan TNI dan polri serta pengamanan di objek vital,” pungkas Arief. (farid)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama