Pemprov Sumbar Gandeng PT Pos Logistik untuk Majukan UMKM

Foto bersama usai penandatanganan antara PT Pos dengan Pemprov Sumbar. (pemprov)

PADANG-Pemerintah Provinsi Sumatera Barat jalin kerja sama dengan PT Pos Logistik Indonesia untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM.


Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Gubernur Mahyeldi Ansharullah dan Direktur Utama PT. Pos Logistik Indonesia, Ardian Cholid di ruang rapat Istana Gubernur, Padang, Jumat (9/6/2023).

Gubernur Mahyeldi menegaskan, pihaknya terus berupaya meningkatkan daya saing UMKM lokal pada segmen bisnis online (e-commerce), agar tetap eksis di tengah persaingan pasar yang semakin ketat. Dikatakannya, Kesepakatan kerja sama yang ditandatangani itu merupakan salah bentuk nyata dari tindak lanjut komitmen tersebut.

"Untuk memperkuat daya saing UMKM lokal di pasar nasional terutama dari segi distribusi produk, kita menjalin kolaborasi dengan pihak PT. Pos Indonesia. Alhamdulillah, MoU telah kita tandatangani," kata Gubernur Mahyeldi 

Gubernur mengajak para pelaku UMKM terus berbenah baik dari segi kualitas produk maupun dari sisi manajerial dan menyesuaikan dengan kebutuhan pasar agar dapat terus tumbuh dan berkembang.

Ia menilai, pola pendistribusian produk saat ini masih menjadi tantangan tersendiri bagi UMKM lokal apalagi di era digitalisasi, sebahagian besar transaksi didominasi sistem online. Maka, pemilihan jasa pengiriman yang murah dan berkualitas menjadi sebuah keharusan. Atas dasar itulah pemprov menggagas kerjasama dengan PT Pos Logistik Indonesia.

"Saya berharap melalui kesepakatan MoU ini, dapat membantu UMKM Lokal dalam urusan pengiriman produk yang cepat dan berbiaya berbiaya murah," ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Endrizal optimis ekonomi Sumbar akan meningkat jika semua pihak bisa bersinergi dan berkolaborasi.

Menurutnya, potensi pasar untuk berbagai produk UMKM saat ini sangat terbuka lebar, apalagi ditengah era digitalisasi yang sebahagian besar transaksinya berbasis online. Ini adalah peluang besar bagi UMKM.

"Kami melihat ada peluang besar untuk sektor UMKM, MoU ini menandai langkah penting dalam meningkatkan kerjasama dan kolaborasi antara sektor ekonomi kerakyatan dan logistik, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal," ungkap Endrizal.

Direktur Utama PT Pos Logistik Indonesia Ardian Cholid menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemprov Sumbar atas kepercayaan gang diberikan kepada PT. Pos Logistik Indonesia untuk mendukung sektor UMKM. 

"Terima kasih atas kepercayaan ini, semoga amanah ini dapat kami jalankan dengan baik sehingga dapat berdampak positif untuk ekonomi masyarakat Sumbar," ucapnya.

Kemitraan ini merupakan salah satu bentuk langkah maju dalam upaya memajukan sektor UMKM di Sumbar. (adpsb)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama