Polda Riau Launching Polisi RW Serentak Seluruh Jajaran

Kapolda Riau berikan keterangan pers.


PEKANBARU-Kapolda Riau, Irjen Muhammad Iqbal luncurkan pembentukan Polisi RW serentak secara hybrid di seluruh jajaran, Rabu (14/6/2023) di Pekanbaru.


Program Polisi RW diadakan untuk mengatasi permasalahan keamanan yang berpotensi muncul di tingkat lingkungan rukun warga (RW) sesuai surat telegram Kapolri Nomor 350 tanggal 6 April 2023.

Peluncuran dipusatkan di halaman kantor gubernur yang dihadiri Gubernur Syamsuar, Kakor Binmas Baharkam Polri, Irjen Hary Sudwijanto seluruh forkopimda, PJU Penjabat Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, Kapolresta Kombes Jefri RP Siagian dan lainnya.

Kapolda Mohammad Iqbal mengatakan, program Polisi RW mengadaptasi dari kebutuhan polisi terkini yang lebih mengutamakan pencegahan kejahatan dari pada penegakan hukum.

“Keberhasilan polisi itu adalah saat ia mampu mencegah kejahatan. Jadi hal ini lebih sederhana, lebih murah, lebih efektif, sehingga tidak ada korban. Juga diharapkan kalau RW aman, kelurahan aman, kecamatan aman, dan juga seterusnya dan ini sebuah program yang akan kita teruskan,” katanya. 

Kapolda mengatakan, tugas dari polisi RW tersebut akan bekerjasama dengan perangkat RW untuk melakukan security assessment atau penilaian resiko keamanan.

“Tentu setiap persoalan akan diidentifikasi, lalu kemudian dilakukan respons bagaimana masalah tersebut dapat selesai atau problem solving. Bukan yang berat-berat, tapi yang kecil-kecil saja, masalah kamtibmas yang lebih kecil,” ungkap Irjen Iqbal.

Irjen Hary Sudwijanto mengatakan, Polisi RW hadir sebagai bentuk praktik kepolisian modern yang berfokus pada pencegahan kejahatan melalui pendekatan nyata dengan masyarakat.

"Fokus utama dari Polisi RW adalah menjaga pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) melalui pendekatan yang dekat dan humanis dengan masyarakat," katanya.

Gubernur Riau, Syamsuar sangat mengapresiasi pembentukan Polisi RW ini.

“Atas nama pemerintah provinsi, saya mengucapkan terima kasih bayak kepada Polda Riau beserta jajaran atas terwujudnya program Polisi Rukun Warga dan ketua rukun warga mitra Polisi di Riau,” kata Syamsuar. (ES)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama