Genjot Sektor Kelautan dan Perikanan, Ini Hasil Pertemuan Bupati Freddy Thie dengan Dirjen Perikanan Tangkap

Bupati Freddy Thie bersama Dirjen Perikanan Tangkap, Agus Suherman.


KAIMANA-Pemerintah Kabupaten Kaimana terus mendorong sektor potensial Kaimana, yakni kelautan dan perikanan. Ketika berkunjung ke Kementerian Kelautan dan Perikanan, Bupati Freddy Thie didampingi kepala dinas, sekretaris dan pejabat lainnya disambut Dirjen Perikanan Tangkap, Agus Suherman.


Freddy Thie menyampaikan, kunjungan ini dalam rangka untuk menyampaikan terkait dengan rencana pemerintah di dua sektor ini yang selanjutnya segera ditindaklanjuti.

“Tujuan kami ke sini untuk menindaklanjuti hasil pembicaraan antara Pak Dirjen dengan tim penyusun dokumen masterplan sentra kelautan dan perikanan terpadu (SKPT) Kabupaten Kaimana dari Institute Pertanian Bogor (IPB),” pungkasnya.

Bupati dan rombongan mendapat respons yang positif dari KKP, dalam hal ini Dirjen Perikanan Tangkap.

“Beberapa hal yang kita ajukan direspons dengan sangat positif oleh Pak Dirjen. Pak Dirjen mengutus pejabat terkait dan stafnya untuk melakukan survei di Kaimana untuk pelaksanaan beberapa program pada tahun ini. Di antaranya adalah kampung nelayan maju, rumah ikan dan teknologi tepat guna antraktor cumi,” jelas Freddy.

Bupati menyebutkan, ada beberapa rencana untuk jangka panjang yang dibicarakan dengan Kementerian KKP. Dimana rencana tersebut akan ditindaklanjuti secara bertahap.

“Kita juga dijanjikan infrastruktur seperti pelabuhan, tempat pelelangan ikan (TPI), cool storage, kapal armada nelayan serta alat tangkap dan beberapa hal yang kita buruhkan untuk tercapainya SKPT di Kaimana,” ujarnya.

Bupati menyinggung ikhtiar pemda ini dalam rangka untuk mengembalikan kejayaan Kaimana di sektor kelautan dan perikanan. Apalagi masyarakat Kaimana memiliki ketergantungan pada dua sektor ini serta menjadi sumber penghasilan.

“Saya berkomitmen dan terus meminta Dinas Perikanan Kaimana untuk senantiasa berkoordinasi dengan pejabat di KKP dan Tim IPB yang telah membantu kita karena tujuan kami tidak lain adalah untuk kemajuan daerah (Kaimana) tercinta dan kesejahteraan masyarakat," tutupnya. (farid)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama