Pemerintah Kabupaten Kaimana Siapkan SDM Menuju Smart City

Bupati Kaimana bersama narasumber dan peserta pelatihan

KAIMANA-Dalam rangka mempersiapkan smart city atau kota pintar di Kaimana, pemerintah daerah mendelegasikan ratusan tenaga ASN dan kontrak untuk mengikuti pelatihan Government Transofmation Academy (GTA) yang diadakan 24-28 Juli 2023. Pelatihan tersebut diadakan atas kerjasama Badan Pelatihan dan Pengembangan SDM Pusat Pendidikan dan Penelitian Kemenkominfo.

Selama kurang lebih lima hari peserta mengikuti pelatihan. Bupati Freddy Thie menutup kegiatan tersebut di gedung Pertemuan Kroy, Kaimana, Jumat (28/7/2023). Turut hadir mewakili Kemenkominfo RI, Juliar Magdalena Sega.

“Saya berharap sebagaimana program menuju Kaimana sebagai smart city, ilmu yang adik-adik dapatkan dari pelatihan ini bisa mendukung kinerja pemerintah yang berbasis elektronik," kata Freddy.

Bupati menerangkan, proses dan upaya pemerintah untuk menyiapkan smart city di Kaimana. Mulai dari infrastruktur seperti jaringan, SDM, hingga kecakapan seluruh ASN.

“Terkait dengan smart city ini, kita akan mengupayakan jaringan sudah siap di Kaimana, dan SDM juga sudah siap semuanya. Dengan demikian, cita-cita kita untuk menjadikan smart city di Kaimana akan terwujud,” ungkap Bupati Freddy.

Pelatihan Givernment Transformation Academy ini diikuti ratusan peserta yang diambil dari berbagai OPD di Kaimana. Pelatihan dengan skema kelas ini didesain dengan spesialisasi masing-masing.

Total berjumlah lima kelas mulai dari kelas arsitektur sistem pemerintahan berbasis elektronik (ASPBE), cyber security essentiale (CSE), IT essentiale (ITE), junior office operator (JOO) dan manajemen risiko sistem pemerintahan berbasis elektronik (MRSPBE). Masing-masing dari kelas ini diampu ahli yang didatangkan dari Kemenkominfo. (farid)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama