Wakil Bupati Pesisir Barat Serahkan Bantuan pada Korban Kebakaran

Foto bersama usai penyerahan bantuan oleh Wakil Bupati Pesibar. (Diskominfotiksan)


PESISIR BARAT-Bupati Pesisir Barat diwakili Wakil Bupati A. Zulqoini Syarif serahkan secara simbolis bantuan sosial, bantuan perbaikan rumah pasca musibah kebakaran dan canangkan pelayanan keluarga berencana (KB) gratis di Balai Pekon Siring Gading, Kecamatan Bangkunat, Sabtu (29/7/2023).

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi menyebutkan, kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Agus Triyadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perembuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Budi Wiyono,  perwakilan dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan lainnya.

Wakil bupati mengatakan, bantuan pasca bencana diperuntukan untuk membantu masyarakat yang rumahnya mengalami bencana, seperti bencana kebakaran dan bencana lainnya. Bantuan tersebut bertujuan mengurangi kerugian yang dialami masyarakat. 

"Bantuan ini menunjukkan Pemkab Pesibar selalu hadir di masyarakat, apalagi masyarakat yang sedang dalam kesusahan," ungkap wabup.

Menindaklanjuti upaya-upaya dimaksud, menurut Zulqoini, Pemkab Pesibar memberikan bantuan kepada warga korban bencana kebakaran di Pekon Siring Gading. Mulai dari bansos Rp15 juta yang diberikan kepada satu orang penerima dan bantuan bidang perumahan Rp30 juta yang diberikan kepada satu orang penerima. 

"Pada dasarnya bansos untuk membantu pemulihan sosial masyarakat terdampak bencana, sedangkan bantuan bidang perumahan untuk perbaikan rumah yang rusak akibat bencana kebakaran," paparnya.

Ia meminta semua pihak dapat saling membantu dan berkoordinasi dengan baik guna mensukseskan program tersebut. 

"Tanpa adanya koordinasi dan kolaborasi yang tepat antar pihak, jelas upaya ini tidak dapat berjalan dengan baik sesuai dengan maksudnya," pintanya.

Selain menyerahkan bantuan, kunjungan wakil bupati ke wilayah itu juga dalam rangka pelaksanaan pelayanan KB gratis dan pembinaan kader kelompok kegiatan, serta kegiatan pembinaan tim pendamping keluarga dan koordinasi teknis percepatan penurunan stunting bagi empat pekon di Way Haru, yakni Pekon Way Haru, Siring Gading, Bandar Dalam dan Way Tiyas. (AZR)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama