Mahasiswa KKN Unand Promosikan UMKM Desa Talawi Hilie Lewat Media Sosial dan Bazar

Mahasiswa KKN Unand dialog dengan pelaku UMKM di Desa Talawi Hilie 


SAWAHLUNTO-Mahasiswa KKN Unand di Desa Talawi Hilie, Kota Sawahlunto bantu pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di desa itu. Bantuan berupa promosi di media sosial dan bazar.


Kegiatan yang merupakan program utama UMKM ini dilakukan sejak hari pertama dilaksanakannya KKN. Pada hari pertama program UMKM ini melakukan loka karya mini yang diselenggarakan di kantor desa Talawi Hilie. Pada loka karya mini ini mahasiswa yang bertanggung jawab pada program utama UMKM menjelaskan rencana program mereka di depan para perangkat desa.

KKN ini dibimbing oleh Dr. Ifmalinda, STP, MP yang merupakan Teknologi Pertanian Unand.

Dalam lokakarya mini disampaikan program utama UMKM akan dilaksanakan dalam empat tahapan. Pada tahapan pertama kelompok yang bertanggung jawab pada program UMKM melakukan diskusi dan mencari informasi dari perangkat desa yang bertugas di Desa Talawi Hilie. 

Pada 18 Juli 2023 tepatnya pada hari ke-8 dilaksanakan tahap kedua program UMKM dilaksanakan. Pada tahap kedua kelompok UMKM melakukan survey UMKM yang ada di Desa Talawi Hilie. Survey ini dilakukan bertujuan untuk mendata UMKM yang ada dan menimbang UMKM apa saja yang memiliki potensi untuk dibantu oleh kelompok KKN Unand yang berada di Desa Talawi Hilie.

Kegiatan pada tahap ketiga ini berupa melakukan eksekusi berupa membantu UMKM yang telah dipilih. Bantuan yang akan diberikan berupa memberikan branding dan bagaimana cara mempromosikan produk yang efektif pada media sosial. Supaya UMKM yang ada di Desa Talawi Hilie ini bisa menjadi UMKM yang lebih maju lagi.

Tahap keempat dari program utama sekaligus puncak dari program kerja UMKM ini direncanakan akan diadakannya bazar yang akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2023 sekaligus perayaan hari kemerdekaan. 

Salah seorang mahasiswa kelompok program utama UMKM Imam Usamah Abdul Siddiq mengatakan, UMKM di Desa Talawi Hilie nampaknya memiliki potensi yang dapat dimajukan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. (Ade Saputra dan Fitri Ardana Mardin)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama