Kaum Ibu di Nagari Batang Barus Olah Sampah Jadi Rupiah

 Wali Nagari Batang Barus Syamsul Azwar dan Ketua TP-PKK, Elsrianti Syamsul Azwar bersama guru dan para murid-murid usai aksi pungut sampah.


SOLOK-Ratusan murid sekolah dasar dan siswa SMP yang berada di wilayah Nagari Batang Barus dan Nagari Koto Gaek Guguk memilih sampah plastik di sepanjang jalanan di Kayu Aro, Kamis (14/9/2023).


Para siswa itu ceria ketika memilih sampah dimaksud. Di antara mereka ada yang mengenakan kostum yang terbuat dari plastik. 

Kegiatan bersih lingkungan itu merupakan dalah satu bentuk peringatan dua tahun berdirinya Bank Sampah Unit (BSU) Kelok Salayang Nagari Batang Barus. Jumlah nasabah BSU terus meningkat dalam upaya memilih dan memilah sampah plastik disulap menjadi sebuah karya dan bernilai ekonomis.

Acara tersebut dihadiri sejumlah dinas di lingkungan Pemkab Solok dan undangan lainnya. Kegiatan itu difasilitasi Aqua Solok dan PKBI Sumbar.

Selain itu, hadir pula Wali Nagari Batang Barus, Syamsul Azwar dan BSU Kelok Batuang, Nagari Batang Barus dan BSU Sarasah Manca Nagari Koto Gaek Guguak. Ketiga BSU tersebut juga binaan dari kerjasama Aqua Solok, PKBI Sumbar dan pemerintah nagari.

Wali Nagari Batang Barus Syamsul Azwar memberikan apresiasi kepada pengurus BSU di wilayahnya yang pengurusnya didominasi kaum perempuan.

"Semangat kaum perempuan dalam mengelola BSU perlu mendapat apresiasi kita bersama, sebagai wali nagari kami sangat mengetahui perjuangan kaum petempuan dalam membantu mengurangi durasi sampah rumah tangga yang cenderung selalu meningkat," ujar Syamsul Azwar.

Ia menambahkan, BSU Kelok Salayang telah membangun kerjasama dengan sekolah sekolah dalam mengumpulkan sampah sampah plastik yang bisa disulap menjadi karya-karya kreatif, seperti tas, hiasan, tempat tisu dan banyak model lainnya.

"Sesuai kewenangan, Pemerintah Nagari Barus selain menfasilitasi juga membantu beberapa peralatan tepat guna untuk kebutuhan BSU dan kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup pelatihan budidaya maggot. Dua BSU yang telah dibentuk di Nagari Batang Barus akan selalu difasilitasi untuk pengembangannya yang mengarah pada peningkatan ekonomi kelompok BSU, baik dari pengelolaan sampah, maupun budidaya maggot dan peternakan ayam serta pengadaan bibit ikan," kata Syamsul Azwar. (ED)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama