Bupati Solok Buka Event Sumarak Salingka Danau

 Bupati Solok disambut dengan tradisi siriah dalam carano jelang pembukaan Event Sumarak Salingka Danau


SOLOK-Bupati Epyardi Asda buka Event Sumarak Salingka Danau 2023. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gendang. Kegiatan itu sebagai promosi wisata Kabupaten Solok. Pembukaan Sumarak Salingka Danau itu dipusatkan di Dermaga Danau Singkarak, Sabtu (28/10/2023).

Pada 26-27 Oktober 2023, Event Sumarak Salingka Danau diisi dengan kegiatan dan perlombaan hymne bundo kanduang, lomba mencari pensi, silaturhim dan camp seni, penampilan paket seni dan tradisi dari kabupaten dan kota di luar Kabupaten Solok.

Sementara pada Sabtu (28/10/2023), digelar beberapa kegiatan, antara lain pameran UMKM dan ekonomi kreatif serta pokdarwis, lukisan lapiak pandan, festival lauak dan jajanan tempo dulu, grand final pemilihan duta wisata Kabupaten Solok serta launching bujang jo gadih Kabupaten Solok.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya, Armen menjelaskan, kegiatan itu disebut dengan Festival Lima Danau. Kegiatan tersebut telah masuk 10 besar di provinsi serta telah lulus seleksi administrasi di tingkat nasional. 

Direktur Event Daerah Kementerian Parekraf, Joko Suhartono  memerikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Solok, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, serta seluruh pihak yang telah berkolaborasi dalam mensukseskan acara Sumarak Salingka Danau dimaksud.

Joko Suhartono menyebutkan, Kabupaten Solok yang dikenal dengan banyak potensi tidak hanya dari segi pertanian dan holtikultura, namun juga dengan keindahan destinasi wisata yang memesona serta ragam seni dan budaya.

Joko Suhartono mengemukakan, Kemenparekraf sangat mendukung penyelenggaraan Event Sumarak Salingka Danau dengan menyajikan beragam aktivitas yang mengangkat potensi alam, budaya, ekonomi kreatif sampai dengan produk unggulan UMKM.

Bupati Epyardi Asda mengatakan, selain penghasil beras dan holtikultura ada sesuatu yang dibanggakan di Kabupaten Solok berupa alam yang indah dengan memiliki lima danau yang tidak dimiliki daerah lain di Indonesia.

"Saya yakin, dengan kita semua dan dukungan dari segala pihak maka kita dapat memajukan sektor pariwisata sehingga memberikan dampak yang baik bagi peningkatan ekonomi masyarakat," kata Epiyardi Asda.(clara)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama