Cuma Empat Anggota DPRD Perempuan di Payakumbuh, Ini Kata Wulan Denura

 Foto bersama usai seminar 


PAYAKUMBUH-Anggota DPRD Payakumbuh dari Partai Gerindra, Wula Denura Wulan jadi narasumber dalam seminar yang membahas tentang partisipasi politik perempuan. Ia menyampaikan, saat ini partisipasi perempuan Indonesia masih di bawah 30 persen. Indonesia menduduki peringkat ke-7 se-Asia Tenggara untuk keterwakilan perempuan di parlemen. 


Dikatakan Wulan Denura, diperlukan komitmen bersama dalam meningkatkan peran perempuan dalam politik dan pembangunan.

“Dalam meningkatkan peranan perempuan itu, kita berikan kesempatan di antaranya dengan meningkatkan kapasitas kebijakan publik dengan memberikan kesempatan yang sama bagi profesional agar lebih banyak berkiprah dalam kebijakan publik, terutama tugas dalam perspektif gender," ungkap Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh Wulan Denura, Rabu (1/11/2023).

Berdasarkan hasil Pemilu 2019, keterwakilan perempuan di lembaga DPR RI berada pada angka 20,8 persen atau 120 anggota legistlatif perempuan dari 575 anggota DPR. Sedangkan di DPRD Sumatra Barat masih sangat rendah, hanya 4 orang dari 65 jumlah anggota DPRD. 

"Untuk Payakumbuh, hanya 16 persen atau hanya berjumlah empat dari jumlah 25 anggota, partisipasi tersebut masih di bawah angka persyaratan 30 persen jumlah calon legislatif perempuan pada saat parpol mendaftarkan diri sebagai peserta pemilu," jelasnya.

Wulan mengungkapkan, peluang perempuan semakin terbuka untuk menjadi pemain, bukan lagi sekadar partisipan pasif, tapi juga partisipan aktif. Dia menambahkan dibutuhkan sosialisasi pendidikan politik bagi perempuan dalam rangka peningkatan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024.

Seminar itu mengusung tema pentingnya peran perempuan di dalam parlemen dan merupakan kegiatan yang dibidani DP3AP2KB yang berlangsung di aula DPRD Payakumbuh .

Seminar yang menghadirkan narasumber dari KPU (Beni Mustika) dan KPPI (Wulan Denura) dan diikuti 150 perempuan perwakilan dari setiap kelurahan di Payakumbuh serta juga hadir kepala Kantor Kesbang-Pol Dipa Surya Persada. (JND)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama