Ruas Sumbar-Riau Dilanda Banjir dan Longsor, Lalu Lintas Dialihkan ke Teluk Kuantan dan Kiliran Jao

 Ruas jalan yang menghubungkan Sumbar dan Riau tergenang banjir. (*)


LIMAPULUH KOTA-Akses jalan Sumbar-Riau terputus di akibat banjir. Arus lalu lintas sementara dialihkan ke Kiliran Jao. Bila dari Pekanbaru, akses ke Sumbar bisa ditempuh melalui Teluk Kuantan.


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Limapuluh Kota menginformasikan, saat ini  jalur jalan dari Riau ke Sumatera Barat via Kabupaten Limapuluh Kota tidak dapat dilewati kendaraan, dikarenakan di sejumlah titik terjadi longsor. Di Pangkalan terjadi banjir yang menggenangi wilayah jalan nasional tersebut.

Kalaksa BPBD Kabupaten Limapuluh Kota Ramadinol, Selasa (26/12/2023) mengatakan, jalur jalan dari Pekanbaru menuju Limapuluh Kota tidak dapat diakses oleh  kendaraan sehingga dibuka jalur menggunakan via Kiliran Jao.

“Ada banyak titik longsor, lebih dari lima titik longsor yang terjadi dan tidak bisa dilewati kendaraan mulai dari Harau sampai ke Pangkalan, juga banjir di Pangkalan,” ujarnya

Dikatakan, penanganan musibah longsor yang berdampak ke jalur transportasi itu dilakukan seharian ini, dan berkemungkinan hingga besok tetap diupayakan mengingat intensitas hujan masih terjadi di wilayah tersebut.

Apalagi musibah banjir di Pangkalan  dipengaruhi dengan cuaca hujan, intensitas hujan tinggi berdampak terhadap peningkatan debit air sungai sejak dari hulu hingga ke hilir, kemudian  terjadi penambahan ketinggian banjir jika tidak ditambah pembukaan waduk Koto Panjang. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama