Jemput Aspirasi ke Daerah Pemilihan, Pimpinan DPRD Padang Tampung Aspirasi Warga, Paling Banyak Soal Jalan dan Bantuan UMKM

 

Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani sampaikan capaian dewan dan terima aspirasi warga di Kuranji

PADANG-Memasuki awal 2024, pimpinan DPRD Padang reses ke daerah pemilihan masing-masing. Reses itu sebagai bagian dari upaya menjemput aspirasi ke masyarakat tentang kebutuhan warga, sehingga nantinya bisa dimasukkan ke dalam kegiatan di APBD.



Ketika melaksanakan reses, pimpinan DPRD Padang menerima curhat dari masyarakat tentang banyak hal. Mulai dari jalan rusak, bantuan sosial hingga bantuan untuk usaha kecil dan menengah. Masyarakat juga titip pesan tentang penerangan jalan umum.

Reses ke daerah pemilihan masing-masing itu dilaksanakan sejak Kamis, 4 Januari 2024 hingga Senin, 8 Januari 2024.  Sekretaris DPRD Padang Hendrizal Azhar mengatakan, pelaksanaan reses sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan oleh Badan Musyawarah DPRD dan biaya reses dibebankan kepada APBD.

"Reses ini diikuti pimpinan dan anggota dewan dengan lokasi reses di daerah pemilihan masing-masing anggota dewan dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan," jelasnya. 

Ketua DPRD Syafrial Kani melaksanakan reses di Kecamatan Kuranji. Dia mengatakan, tujuan reses ini untuk menyerap aspirasi konstituen yang nantinya diperjuangkan masing-masing anggota dewan.

Ketika reses itu, Syafrial Kani menerima masukan dari masyarakat tentang perlunya diperbanyak bantuan bagi usaha kecil dan menengah. 

Menurut warga, usaha kecil susah untuk akses ke perbankan. Makanya, dana pokir dari anggota dewan sangat diharapkan. Warga berharap ke Syafrial Kani bantuan berupa mesin jahit, alat pembuat kue dan sebagainya.

Syafrial Kani juga dititipi aspirasi warga agar jalan-jalan di perkampung diaspal biar mulus. Jalan yang bagus akan mempermudah akses tranportasi masyarakat.

Syafrial Kani menyebutkan, dia akan memperjuangkan aspirasi masyarakat.  "Reses ini penting dilaksanakan, dengan reses kita dapat bersilaturahmi dan menyerap aspirasi masyarakat yang telah memilih kita," katanya.

Ditambahkan Syafrial Kani, melalui reses, pimpinan maupun anggota DPRD mengajak partisipasi masyarakat untuk menyukseskan program pembangunan.

"Kita juga menginformasikan keberhasilan yang dicapai DPRD dalam mengawal pelaksanaan pembangunan di Padang, baik dalam bentuk penganggaran, pembuatan produk legislasi, dan pengawasan pembangunan itu sendiri," tukuknya.

Lokasi reses Syafrial Kani adalah Musala Teladan di Ampang Karang Ganting, Kecamatan Kuranji. Reses dilaksanakan Jumat, 5 Januari 2024 malam.

Reses kedua dilaksanakan di lapangan Sasaran Silat Kubu Durian Tapian Suku Koto Nan Batujuh, Kenagarian Pauh IX di Kelurahan Pasar Ambacang yang dilaksanakan Sabtu 6 Januari 2024 malam.

Reses ketiga di belakang komplek Permata Berlian Sungai Sapih, Minggu, 7 Januari 2024  malam.


Wakil Ketua DPRD Arnedi Yarmen serap aspirasi warga

Sedangkan Wakil Ketua DPRD Arnedi Yarmen reses di Gedung Balatkop. Kegiatan itu dihadiri 100 warga. Dalam pertemuan tersebut, lagi-lagi masyarakat mengajukan bantuan untuk UMKM. Warga berharap modal kerja agar bisa membuka usaha sendiri.

Lokasi kedua reses Arnedi Yarmen adalah di RT 009 RW 002 Durian Ratus, Kurao Pagang. Pertemuan diikuti 70 warga. Masyarakat berharap lampu penerangan jalan umum dan betonisasi jalan di pemukiman masyarakat. Arnedi menyatakan siap memperjuangkan aspirasi masyarakat. 

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Amril Amin menyerap aspirasi masyarakat melalui reses di depan Masjid Al Mukhlisin, Perumahan Villa Mega Kelurahan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan, Kamis, 4 Januari 2024. Pertemuan tersebut diikuti 350 warga.


Amril Amin dialog dengan warga ketika reses

Amril menerima banyak masukan dari masyarakat. Bahkan, generasi muda setempat mengharapkan bantuan agar pemuda memiliki usaha produktif dan bisa pula mengaktifkan kegiatan olahraga.

Reses kedua dilaksanakan Amril Amin di lapangan voli Pemancungan, Kelurahan Pasa Gadang, Kecamatan Padang Selatan, Sabtu, 6 Januari 2024 dengan peserta sekitar 300 warga.

Sedangkan reses ketiga dilaksanakan Amril Amin, Senin, 8 Januari 2024 yang diikuti oleh 300 warga di Perumahan Aciak Mart, Kelurahan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan.


Ilham Maulana dialog dengan warga

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Ilham Maulana melaksanakan reses pertama di Kelurahan Jati Baru yang dihadiri 150 warga.

Pada hari ke dua, Ilham Maulana menggelar reses di Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah dengan peserta 150 orang dan di Kelurahan Parak Karakah dengan jumlah peserta 150 orang.

Pada hari ketiga, Ilham Maulana melaksanakan reses di Kelurahan Batang Arau dengan 200 peserta dan hari keempat di Kelurahan Seberang Padang dengan peserta 100 orang. 

Reses di daerah pemilihan itu, Ilham Maulana menerima banyak masukan dari masyarakat. Di antaranya terkait bantuan sosial kepada masyarakat.

Warga meminta pada anggota dewan untuk memperjuangkan bantuan modal bagi pelaku usaha kecil dan menengah.

Masyarakat juga menyampaikan beberapa persoalan fisik pembangunan, baik itu terkait kondisi jalan, jembatan, dan irigasi.

Dengan reses anggota parlemen dapat mendengarkan langsung masalah, kebutuhan, dan aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya. Hal ini membantu mereka memahami kondisi riil di lapangan dan membuat keputusan yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Melalui reses, anggota parlemen dapat memperkuat hubungan dengan konstituennya. Mereka dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat, membangun kepercayaan, dan memperkuat dukungan politik dari basis pemilihnya.

Dengan mengunjungi daerah, anggota parlemen dapat memantau langsung pelaksanaan program pembangunan dan proyek-proyek di daerahnya. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengawal dan memastikan bahwa dana publik digunakan secara efektif dan efisien.

Reses juga menjadi sarana bagi anggota parlemen untuk menyampaikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang kebijakan-kebijakan pemerintah atau hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai wakil rakyat.

Dengan berada di masyarakat, anggota parlemen dapat mengidentifikasi masalah-masalah lokal yang mungkin belum terdeteksi secara nasional. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengadvokasi kepentingan daerah.

Dengan demikian, reses merupakan bagian penting dari tugas seorang anggota parlemen dalam menjalankan fungsi legislasi, pengawasan dan representasi. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama