Kalah dari Jepang, Ada Harapan Terakhir untuk Indonesia

 Pemain Jepang dan Indonesia berebut bola dalam laga terakhir Grup D. (pssi)


DOHA-Indonesia dibantai Jepang dengan skor 1-3 di Piala Asia 2023. Laga terakhir Grup D itu dimainkan di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024) malam. Kekalahan itu membuat peluang untuk lolos ke 16 besar makin berliku.


Awalnya, ada peluang lolos sebelum laga dengan Jepang. Peluang itu asalkan Suriah, Palestina dan dua tim lainnya main imbang. Nyatanya, Suriah dan Palestina sama-sama menang. Otomatis, skenario pertama gagal total.

Skenario berikutnya, main imbang atau menang atas Jepang. Nyatanya, Jepang menang. Skenario kedua gagal total juga.

Kini ada skenario ketiga. Indonesia masih bisa maju lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Di klasemen peringkat tiga terbaik, Indonesia menempati urutan ke-4 atau batas akhir tim yang mendapat jatah tiket kelolosan. Indonesia di bawah Palestina dengan 4 poin, Suriah (4), Bahrain (3), hanya unggul dari China (2) dan Oman (1).

Dari semua tim peringkat tiga di grup Piala Asia 2023, hanya Bahrain dan Oman yang masih punya pertandingan. Indonesia bisa mengintip peluang lolos berdasarkan hasil kedua pesaingnya.

Indonesia bisa lolos andai Oman gagal menang melawan Kirgistan di laga terakhir Grup F. Jika gagal menang, Oman hanya punya 2 poin, dan gagal menyalip Indonesia.

Jika Oman menang, maka poinnya menjadi empat dan membuat Indonesia harus berharap dari laga Bahrain. Indonesia berharap Bahrain dikalahkan Yordania secara telak. Sebab, Bahrain kini masih unggul dalam hal selisih gol dari Indonesia. Bahrain punya -1 gol, sementara Indonesia punya -3.

Indonesia harus berharap Bahrain kalah dengan selisih tiga gol atau lebih. Dengan demikian, Indonesia akan berada di urutan ketiga, dan paling buruk turun ke posisi 4 jika Oman menang atas Kirgistan.

Nah, begitu berliku jalanmu, Indonesia.  (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama