Longsor di Kabupaten Solok, Akses Sumbar-Kerinci Bisa Dilalui dengan Buka Tutup

 Material berupa tanah yang sebelumnya menutup jalan, akhirnya bisa dibersihkan, sehingga akses lalu lintas bisa dibuka kembali. 


SOLOK-Akses yang menghubungkan Sumbar dengan Kerinci berangsur pulih. Jalan longsor di Pantai Cermin, Kabupaten Solok telah bisa dilalui, walau dengan sistem buka tutup.


Akses itu sempat putus 24 jam, terhitung sejak longsor terjadi pada Senjn (1/1/2024). Jalan itu juga menghubungkan Lubuk Selasih – Solok Selatan. Jalan putus tepatnya  di Lolo. 

Sejak longsor, ekskavator dari BPJN dan BPBD Kabupaten Solok bekerja keras memindahkan material yang menutup jalan.

Upaya pemulihan oleh Balai Pengelolaan Jalan Nasional bersama BPBD Kabupaten Solok terkendala banyaknya material yang menutup permukaan jalan disertai pohon tumbang dan tiang listrik serta tiang telepon ikut terbawa tanah. 

Longsor terjadi dekat rumah makan Mitra. Halaman rumah makan dipenuhi puluhan kendaraan berbagai jenis, baik kendaraan pribadi maupun travel.

Kalaksa BPBD Kabupaten Solok Irwan Efendi mengatakan, alat berat sudah bekerja membersihkan material yang menimbun jalan.

Petugas di lapanngan juga memotong ranting kayu yang menutup jalan. “Banyak pohon yang tumbang menutup jalan,” kata Irwan Efendi. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama