Pemeriksaan Rutin, Auditor BPK Tiba di Kota Solok

Wakil wali kota terima tim BPK Sumbar


KOTA SOLOK-Tim auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Barat tengah berada di Kota Solok. Tim melakukan pemeriksaan rutin, sehubungan dengan berakhirnya tahun anggaran 2023.


Kedatangan tim yang diketuai Meli Anggeraini  itu diterima Wakil Wali Ramadhani Kirana Putra, Rabu (24/1/2024) di ruang rapat balai kota didampingi Sekda Syaiful Rustam, Inspektur Kenfilka dan  sejumlah kepala OPD.

Pemeriksaan ini merupakan tahapan yang rutin dilakukan sebelum Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) diserahkan pada BPK. Adapun ruang lingkup pemeriksaan meliputi keuangan dan kas daerah, aset tetap, belanja barang dan jasa, belanja hibah, bantuan sosial, belanja tak terduga hingga posisi pekerjaan di akhir  2023 memulai pemeriksaan interim atau audit pendahuluan terhadap laporan keuangan pemerintah Kota Solok.

Audit pendahuluan BPK Perwakilan Sumbar pada anggaran 2023 ini akan berlangsung selama 20 hari ke depan. Pelaksanaannya terhitung sudah mulai sejak 23 Januari.

Wakil Wali Kota  Ramadhani Kirana Putra menyampaikan selamat datang terhadap tim BPK RI Perwakilan Sumbar di Kota Solok. Menurutnya, pemerintah kota akan menyiapkan berbagai data dan informasi yang dibutuhkan dalam pemeriksaan.

“Pemeriksaan ini merupakan tahapan yang rutin dilakukan sebelum Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) diserahkan pada BPK. Pemeriksaan mencakup berbagai aspek dalam pemanfaatan anggaran daerah,” ujarnya.

Wakil wali kota minta seluruh OPD dan stakeholder terkait untuk memberikan data dan informasi yang dibutuhkan tim audit. Audit pendahuluan atau interim juga menjadi pematangan dalam menyusun LKPD yang akan diberikan kepada BPK. (sis)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama