Bus Sumbar Terus Berbenah, PO Miyor Berencana Tambah 50 Unit Lagi

Salah satu armada PO Miyor

PADANG-Perusahaan otobus (PO) Miyor tak main-main dalam persaingan bus di lintas Sumatera-Jawa. Benar-benar sultan, manajemen berencana menambah 50 unit lagi. Rencana itu tentunya dalam jangka panjang.

 

Sebelumnya, sebuah perusahaan otobus hadir di Sumatera Barat. Namanya bus Miyor. Kehadirannya tepat jelang angkutan mudik lebaran 2024. Bus ini berpusat di Sawahlunto. Tak tanggung-tanggung, sembilan unit dirilis sekaligus.

Bus yang baru rils berasal dari tiga karoseri ternama di Indonesia, masing-masing Adiputro, Laksana dan Tentrem. Bus itu mengusung konsep plantinum class. Selain untuk angkutan antarprovinsi, perusahaan otobus itu juga memiliki divisi pariwisata.

Perusahaan otobus itu diperkuat driver yang sudah malang melintang di rute Sumbar-Jabodetabek. Ada Uni Can Can, ada mantan driver ANS, ada pula driver sejumlah PO ternama di Sumbar.

Bus Miyor kehadirannya tepat jelang Idul Fitri. Armada itu akan jadi tumpangan perantau yang mudik ke Sumatera Barat. Diprediksi, jumlah perantau yang mudik tahun ini akan meningkat tajam bila dibandingkan tahun lalu.  Bus dengan tagline Sawahlunto Pride itu menjanjikan kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan. 

Dikutip dari kabarleman.com, PT Miyor Prima Abadi merupakan badan hukum PO bus itu. Perusahaan itu dimiliki Haji Idris yang berasal dari dari Dusun Tobek, Desa  Bukit Gadang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.    

Pada tahap awal, pengusaha itu memborong 25 unit bus baru premium class yang disiapkan untuk AKAP lintasan Sumatera-Jawa. Dari pesanan tahap awal itu, baru 10 unit yang sudah bisa dioperasikan. Selebihnya, masih dalam proses di karoseri.

Sebanyak 15 bus lagi dalam finishing di Laksana, Tentrem dan Adi Putro. 

Dikatakan Haji Idris, kalau tak ada aral melintang, sepekan lagi bus akan operasional, setelah nomor polisi dan perizinan lainnya rampung. Sedangkan izin trayek sudah tuntas semua.

Bus Miyor nantinya akan memiliki pelat BA dan BM. Untuk rute AKAP, Miyor akan melayani rute Padang-Jakarta, Bukittinggi- Jakarta, Batusangkar-Jakarta- Bogor-Bandung dan Payakumbuh-Jakarta da sebaliknya.

Dikatakan Haji Idris, rencananya PT Miyor Prima Abadi menambah 50 unit bis lagi untuk mengisi rute Padang-Jakarta-Bogor-Bandung, Pekanbaru-Jakarta-Bogor -Bandung, Padang-Bukittinggi-Medan dan Pekanbaru-Medan. 

Namun, menurut Idris rencana ini tergantung dari hasil evaluasi tahap pertama. Jika prospeknya baik, maka 50 unit bis berbagai tipe dan kelas siap dipesan lagi. (*)  



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama