Jasman Rizal, Berkarir di Rantau, Siap Mengabdi di Kampung Halaman


Jasman Rizal

SOLOK-Petualangan penulis manapaki bumi Pesisir Selatan pada Ramadhan mendapati sejumlah hal. Saat itu masyarakat sedang dirundung duka pasca beberapa kali terjadinya banjir yang hebat daerah yang membentang di sepanjang pesisir laut itu.

Perbincangan penulis dengan sejumlah tokoh masyarakat Pesisir Selatan, tersebut nama Datuak Bandaro Bendang. Namanya lengkapnya, Jasman Datuak Rajo Bendang.

Dia disebut-sebut sebagai salah satu figur yang dinanti serta diharapkan membangun kampung halamannya sendiri. Jasman Rizal adalah figur yang dinilai tepat untuk membangun Kabupaten Pesisir Selatan lima tahun ke depan.

Rasanya telah cukup untuk berkarir di perantauan, bersiaplah untuk mengabdi di kampung halaman sendiri. Ungkapan kalimat itu menyiratkan sebuah harapan masyarakat Pesisir Selatan terhadap Jasman Rizal Datuak Bandaro Bendang yang kini menjabat sebagai Penjabat Wali Kota Payakumbuh.

Saat mendengar nama Jasman Rizal disebut-sebut masyarakat, sosoknya bukanlah asing bagi masyarakat di Sumatera Barat. 

Dia sebagai tokoh adat saat ini juga menjabat sebagai Sekum LKAAM Sumatera Barat. Apalagi di wilayah S3 Kabupaten Solok, Kota Solok dan Kabupaten Solok Selatan, nama Jasman Rizal juga cukup membumi di semua kalangan, hingga akar rumput.

Penulis juga sangat mengenal dekat sang datuak satu ini. Sejak ia mengabdi di Kota Solok dan Kabupaten Solok sering bertukar pikiran untuk kemajuan pemerintahan ke depan. 

Berdialog dengan Jasman Rizal sangatlah mengasyikkan disela tawa dan canda yang memecah kesunyian kantornya di tempatnya bekerja. Hubungan baik dengan rekan-rekan pers sampai saat ini sangat terjaga dan terbangun sangat harmonis.

Mari kita telusuri, seperti apa sepenggal kiprah dan karir seorang Jasman Rizal. Selain memiliki latar belakang orang pemerintahan dan tokoh adat, karirnya juga melejit hingga ke pejabat utama di rumah bagonjong Sumatera Barat. Beberapa kali Gubernur Sumbar memercayakan Jasman Rizal penjabat kepala daerah. Jasman pernah sebagai Penjabat Bupati Solok Selatan dan Penjabat Wali Kota Payakumbuh.

Kiprah Jasman Rizal, kemampuan dan pengaman yang dimiliki di bidang pemerintah tak perlu kita ragukan lagi. Sosoknya telah teruji sebagai kepala daerah. Ini dapat kita buktikan melalui media media sosial baru-baru ini beberapa penghargaan bergengsi telah dipersembahkannya memimpin di Payakumbuh.

Begitu juga saat diberikan amanah sebagai Pj Bupati Solok Selatan, perhatian dan kebijakan yang dilahirkan dalam membina dan memajukan pemerintah nagari di Solok Selatan. Kebijakan itu mendapat tanggapan positif sejumlah wali nagari se-Sumatera Barat

Saat melahirkan kebijakan itu, ia termasuk kepala daerah yang cepat tanggap menyikapi perkembangan pemerintah nagari. 

Kebijakannya dalam melahirkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Nagari pertama di Sumatera Barat. Sistem regulasi pemerintah nagari sedang terjadinya transisi aturan, yaitu implementasi Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan aturan turunan lainnya.

Rasa cukup pantas bila masyarakat Pesisir Selatan melirik dan memberikan dukungan kepada Jasman Rizal. Usianya terbilang masih energik dan komunikatif untuk mememimpin lima tahun kedepan. 

Berbekal kematangan pengalaman dipemerintahan yang dimiliki Jasman Rizal juga layak menjadi pemimpin mengejar kemajuan di bumi Pesisir Selatan itu.

Saat penulis mencoba konfirmasi kepada Jasman Rizal, ia mengakui banyak tokoh adat, pemuda dan tokoh-tokoh masyarakat menemuinya, agar berkenan mengabdi di kampung halaman dan berkompetisi dalam perebutan kursi Bupati Pesisir Selatan yang akan digelar tahun ini.

"Jika dukungan terus mengalir dari tokoh dan masyarakat, kita siap untuk berbakti dan mengabdi di tanah kelahiran seiring usia yang terus bertambah. Insyaallah kalau bukan kita siapa lagi yang akan memamajukan kampuang halaman ke arah yang lebih baik," kata Jasman Rizal. (SYAMSUL AZWAR, Wartawan Muda)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama