Kelurahan Pakan Kurai, Desa Pangan Aman

Lurah Pakan Kurai Rusdi Yanto

Bukittinggi-Pemerintah Kelurahan Pakan Kurai di Kecamatan Guguak Panjang Kota Bukittinggi apresiasi dipilihnya kelurahan ini sebagai lokasi focus pelaksanaan Program Desa Pangan Aman oleh Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Payakumbuh.

Lurah Pakan Kurai Rusdi Yanto, Minggu (21/4/2024) mengatakan pihaknya bangga terpilihnya kelurahan ini sebagai percontohan  pelaksanaan program Desa Pangan Aman.

Dikatakan, di Kelurahan Pakan Kurai terdapat cukup banyak pelaku UMKM dan sekolah yang tidak dapat dilepaskan dari produk pangan olahan,  indicator penilaian hingga ditetapkannya Kelurahan Pakan Kurai sebagai Desa Pangan Aman dari BPOM di Payakumbuh maka dapat diwujudkan  pangan aman dan sehat yang dikonsumsi masyarakat atau konsumen.

Pihaknya menilai pasca kegiatan advokasi program Desa Aman Pangan ini  maka Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Payakumbuh dinilai perlu memberikan pemahamaan dengan melibatkan para pelaku UMKM di daerah ini. Hal demikian menjadi cara efektif agar program desa pangan aman  dapat terwujud dengan baik.

“kita menilai setelah kegiatan advokasi ini, ada penyampaian materi kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Pakan Kurai, ini menjadi cara efektif untuk mewujudkan desa pangan aman,”ujarnya

Lurah Pakan Kurai Rusdi Yanto menyebutkan pemerintah kelurahan akui para pedagang  yang  berjualan produk pangan olahan baik di kantin atau di sekitar lingkungan sekolah harus mendasari usaha yang digelutinya tidak memberikan dampak negative bagi orang lain, sehingga bahan  yang digunakan harus berkualitas, bergizi dan menyehatkan. Bukan malah sebaliknya.

“benar, para pedagang harus manyadari itu, produk yang dijual jangan membahayakan anak kita yang bersekolah. Dampak penggunaan bahan yang merusak kesehatan itu munculnya bukan sekarang, tapi setelah mereka dewasa,”terangnya

Diketahui, Kelurahan Pakan Kurai terpilih  dan satu-satunya kelurahan di Kota Bukittinggi yang menjadi lokus pelaksanaan program Desa Pangan Aman BPOM di Payakumbuh. Sementara itu, Pemerintah Kota Bukittinggi optimis dengan terpilihnya Kelurahan Pakan Kurai melaksanakan program itu maka  dapat memberikan rujukan bagi 23 kelurahan lainnya, komunitas yang tersebar di semua kelurahan dapat menerapkan prinsip keamanan pangan untuk dikonsumsi. (LK/IKP)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama