Dinas Pangan Kota Solok Laksanakan Intervensi Pangan


KOTA SOLOK-Dinas Pangan Kota Solok melaksanakan penyerahan bahan pangan, dalam rangka intervensi Penanganan Daerah Rawan Pangan (PDRP) yang merupakan salah satu kegiatan prioritas pembangunan ketahanan pangan, di Aula Dinas Pangan Kota Solok, Rabu (22/05/2024).

Penyerahan bahan pangan diberikan secara simbolis oleh Walikota Solok yang diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Asfiyeni, SH.

Kegiatan ini merupakan penanganan kerawanan pangan kronis dan transien di suatu daerah. Kerawanan pangan merupakan suatu kondisi ketidakcukupan pangan yang dialami daerah, masyarakat, dan rumah tangga pada waktu tertentu untuk memenuhi standar kebutuhan fisiologi bagi pertumbuhan dan kesehatan masyarakat

Kerawanan pangan dapat terjadi secara berulang-ulang pada waktu tertentu karena alasan ekonomi/kemiskinan (kronis) dan dapat pula terjadi akibat keadaan darurat seperti bencana alam maupun bencana sosial (transien).

Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Asfiyeni, SH.

menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menangani dan mengantisipasi terjadinya rawan pangan pada suatu daerah, menanggulangi kejadian rawan pangan kronis dan transien.

“Serta meningkatkan kemampuan petugas dan masyarakat dalam mengatasi kejadian rawan pangan,” kata Afyeni.

Afyeni paparkan Pada Tahun 2024 ini kegiatan intervensi Penanganan Daerah Rawan Pangan (PDRP) yang dilaksanakan diberikan kepada masyarakat yang mempunyai balita dengan status stunting (pendek). Sasaran ini diperoleh melalui hasil penimbangan massal bulan Februari oleh puskesmas Kota Solok. Sebelum dilaksanakan intervensi, tim yang ditunjuk melakukan investigasi ke lapangan guna mencocokkan data yang diperoleh dengan kenyataan di lapangan.

Adapun Jumlah penerima bantuan pangan Tahun 2024 sebanyak 100 KK yang memiliki balita stunting di Kota Solok. Adapun jenis bahan pangan yang diserahkan kepada masyarakat tersebut yaitu berupa 15 Kg Beras Premium, 5 liter Minyak Goreng, 1 Kg Gula Pasir, 1 Kg Kacang Hijau, 2 Kg Telur Ayam dan 1 Kaleng Sarden.

“Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat agar terpenuhi dan tercukupinya kebutuhan pangan bagi balita stunting (pendek) yang memang kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi mereka di daerah rawan pangan khususnya Kota Solok,” tutupnya. (sis)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama